Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terima Undangan Erdogan, Trump Berpeluang Kunjungi Turki Tahun Depan

Kompas.com - 25/12/2018, 14:28 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber Aljazeera

ANKARA, KOMPAS.com - Presiden Amerika Serikat Donald Trump dikabarkan telah menerima undangan dari Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, membuka peluang pertemuan keduanya pada tahun depan.

Disampaikan juru bicara kepresidenan Turki Ibrahim Kalin, usai pertemuan kabinet di Ankara, Senin (24/12/2018), bahwa Trump ingin berkunjung pada 2019 mendatang. Namun tanggal pasti belum ditentukan.

Kalin mengatakan, Erdogan menyampaikan undangannya kepada Trump selama melakukan panggilan telepon dengan pemimpin AS itu pada akhir pekan lalu, saat membahas penarikan pasukan militer Amerika dari Suriah.

Gedung Putih sebelumnya telah mengkonfirmasi adanya undangan dari Erdogan kepada Trump untuk berkunjung ke Turki.

Baca juga: Trump: Erdogan Janji Sisa Anggota ISIS Bakal Dibersihkan dari Suriah

"Sementara belum ada rencana pasti yang direncanakan, presiden terbuka untuk pertemuan potensial di waktu mendatang," kata pernyataan Gedung Putih, seperti dilansir Aljazeera.

Tahun lalu, Trump telah lebih dulu menjamu Erdogan di Gedung Putih pada bulan Mei.

Sebelum kunjungan Trump, ditambahkan Kalin, delegasi militer AS akan lebih dulu tiba di Turki pada pekan ini untuk membahas sejumlah hal.

"Mereka akan mendiskusikan tentang bagaimana koordinasi (penarikan pasukan) dengan rekanan mereka," ujar Kalin dalam konferensi pers.

Seperti diberitakan sebelumnya, Presiden Trump sempat berkomunikasi dengan Erdogan sebelum akhirnya dia memutuskan untuk menarik pasukan AS dari Suriah.

Menurut sumber anonim Gedung Putih, Trump dikatakan telah menyampaikan kepada Erdogan bahwa tugas pasukan AS di Suriah telah selesai.

Sementara Erdogan disebut berusaha meyakinkan Trump bahwa Turki akan melanjutkan misi membersihkan sisa-sisa ISIS dari Suriah.

Ankara dikabarkan juga telah mulai mengirimkan pasukannya ke perbatasan Suriah utara yang diyakini sebagai persiapan menggelar operasi militer baru untuk mengusir milisi Kurdi dari negara konflik itu.

Baca juga: Trump kepada Erdogan: Kami Sudah Selesai dengan Suriah

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com