Kompas.com - 24/12/2018, 17:29 WIB

KOMPAS.com - Saat yang ditunggu oleh anak-anak dalam menyambut Natal adalah menerima pemberian hadiah dari Santa Claus. Di Indonesia, Santa Claus dikenal sebagai Sinterklas, ikon yang menjadi penanda bahwa Natal akan tiba.

Selama ini Sinterklas lekat dengan sosok pria berperut besar yang menggunakan pakaian merah dan berjenggot putih. Sinterklas digambarkan terbang ke angkasa menggunakan kereta luncur yang ditarik oleh beberapa rusa

Sebagai ikon Natal, Sinterklas memiliki sejarahnya sendiri. Saat ini, ia dianggap sebagai orang yang periang yang memberikan hadiah-hadiah pada malam Natal.

Cerita mengenai Sinterklas sudah ada dari abad ke-3 hingga sekarang. Seperti apa? Berikut paparannya:

Legenda Saint Nicholas

Legenda Sinterklas bisa kita telusuri kembali ratusan tahun yang lalu, merujuk kepada seorang biarawan bernama Saint Nicholas. Banyak catatan sejarah menuliskan bahwa Nicholas dilahirkan sekitar 280 M di Patara, dekat Myra di Turki.

Dilansir dari History.com, Saint Nicholas memiliki banyak legenda. Dikatakan bahwa dia memberikan semua kekayaan warisannya dan melakukan perjalanan ke perdesaan untuk membantu orang miskin dan sakit.

Salah satu kisah Saint Nicholas yang paling terkenal adalah saat ia menyelamatkan tiga bersaudari miskin yang terbebas dari penjualan budak dan pelacuran yang dilakukan oleh ayahnya.

Baca juga: Sinterklas Nyata, Arkeolog Klaim Temukan Makamnya

Selama bertahun-tahun, popularitas Nicholas menyebar dan dia dikenal sebagai pelindung anak-anak dan pelaut.

Setiap 6 Desember atau hari kematiannya, selalu diperingati oleh berbagai budaya. Hari itu dipercaya untuk melakukan acara besar ataupun pernikahan.

Memasuki era Renaissance atau zaman pencerahan Eropa, Saint Nicholas adalah orang suci paling populer di Eropa. Bahkan setelah Reformasi Protestan, Saint Nicholas mempertahankan reputasi positifnya, terutama di sekitar wilayah Belanda.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.