Kompas.com - 24/12/2018, 15:32 WIB

STRASBOURG, KOMPAS.com - Pelaku penembakan pasar Natal di Strasbourg, Perancis, dilaporkan mengucapkan sumpah setia kepada Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

Pelaku yang Cherif Chekatt menembaki pengunjung pasar Natal yang berada di dekat Place Kleber yang menjadi atraksi pariwisata Selasa (11/12/2018) pukul 20.00 waktu setempat.

Baca juga: ISIS Klaim Pelaku Penembakan Pasar Natal Strasbourg adalah Tentaranya

Serangan tersebut menewaskan lima orang dan melukai 12 pengunjung lainnya. Adapun Chekatt tewas ditembak polisi dua hari kemudian (13/12/2018).

Dilansir The Independent Minggu (23/12/2018), otoritas penegak hukum Perancis menemukan USB ketika menggeledah rumah Chekatt.

"Dalam USB tersebut, terdapat video yang memperlihatkan dia bersumpah setiap kepada kelompok itu," terang sumber dari kepolisian.

Segera setelah Chekatt ditembak, ISIS melalui media propagandanya Amaq menyebut pria 29 tahun itu sebagai "tentara" mereka.

Namun klaim ISIS dibantah Menteri Dalam Negeri Perancis Christophe Castaner yang menyebut mereka hanya memanfaatkan kesempatan untuk mengklaim.

Chekatt dilaporkan mempunyai catatan 27 perbuatan kriminal di Perancis, Jerman, dan Swiss, serta menjadi radikal selama dalam penjara.

Dia masuk ke dalam daftar "S", yang artinya berpotensi menjadi ekstremis, dan sudah berada dalam pantauan polisi sejak 2015.

Selain menembak mati Chekatt, polisi juga menangkap lima orang, termasuk di antaranya orangtua Chekatt dan dua saudara laki-lakinya.

Ayah Chekatt, Abdelkarim, membantah putranya sengaja merencakan serangan itu, dan mengaku dia berusaha mencegah anaknya menjadi radikal.

Abdelkarim mengaku dia bertemu Chekatt tiga hari sebelum kejadian. Kantor Jaksa Penuntut Perancis berujar, keempatnya dibebaskan karena tak cukup bukti.

Baca juga: Perancis Bantah Klaim ISIS soal Pelaku Penembakan Pasar Natal Strasbourg

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.