Kompas.com - 24/12/2018, 15:10 WIB

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dilaporkan berkata dia sudah selesai soal Suriah kepada Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.

Sumber dari pejabat senior anonim Gedung Putih mengatakan, Trump melakukan percakapan telepon dengan Erdogan pada 14 Desember.

Baca juga: Pertanyaan Erdogan Ini Buat Trump Tarik Pasukan dari Suriah

Diwartakan CNN Senin (24/12/2018), Erdogan menjelaskan pasukan AS sudah seharusnya keluar dari Suriah mengingat Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) hampir dikalahkan.

Erdogan kemudian berusaha meyakinkan Trump bahwa Turki yang akan melanjutkan kampanye untuk membersihkan sisa anggota ISIS.

"Bahkan faktanya sebagai teman Anda, saya bakal memberikan janji untuk membersihkan ISIS dari wilayah itu," kata Erdogan seperti ditirukan pejabat anonim tersebut.

Mendengar kata ISIS, pejabat itu menuturkan Trump langsung merespon dengan mengonfirmasi bertanya kepada Erdogan bisakah ISIS benar-benar keluar dari sana.

"Kami pernah melakukannya dan kami bakal berhasil untuk kedua kalinya sepanjang kami mendapat dukungan logistik dari AS," jelas Erdogan.

"Baiklah kalau begitu. Mereka (ISIS) jadi milikmu. Kami sudah selesai dengan Suriah," ujar sumber tersebut menirukan ucapan Trump.

Sementara The Associated Press sebelumnya memberitakan Erdogan sempat bertanya mengapa pasukan AS masih berada di sana.

Trump yang saat itu sedang bersama para stafnya seperti Penasihat Keamanan Nasional John Bolton langsung bertanya mengapa pasukan AS masih di sana jika ISIS hampir dikalahkan.

Sebelumnya pada pekan lalu, Trump mengumumkan bakal menarik pasukan dari Suriah setelah mengklaim telah mendapat kemenangan atas ISIS.

Juru bicara Pentagon kemudian menyatakan bahwa surat perintah untuk menarik pasukan dari Suriah sudah ditandatangani.

Baca juga: Trump: Erdogan Janji Sisa Anggota ISIS Bakal Dibersihkan dari Suriah

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber CNN
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.