Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trump kepada Erdogan: Kami Sudah Selesai dengan Suriah

Kompas.com - 24/12/2018, 15:10 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber CNN

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dilaporkan berkata dia sudah selesai soal Suriah kepada Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.

Sumber dari pejabat senior anonim Gedung Putih mengatakan, Trump melakukan percakapan telepon dengan Erdogan pada 14 Desember.

Baca juga: Pertanyaan Erdogan Ini Buat Trump Tarik Pasukan dari Suriah

Diwartakan CNN Senin (24/12/2018), Erdogan menjelaskan pasukan AS sudah seharusnya keluar dari Suriah mengingat Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) hampir dikalahkan.

Erdogan kemudian berusaha meyakinkan Trump bahwa Turki yang akan melanjutkan kampanye untuk membersihkan sisa anggota ISIS.

"Bahkan faktanya sebagai teman Anda, saya bakal memberikan janji untuk membersihkan ISIS dari wilayah itu," kata Erdogan seperti ditirukan pejabat anonim tersebut.

Mendengar kata ISIS, pejabat itu menuturkan Trump langsung merespon dengan mengonfirmasi bertanya kepada Erdogan bisakah ISIS benar-benar keluar dari sana.

"Kami pernah melakukannya dan kami bakal berhasil untuk kedua kalinya sepanjang kami mendapat dukungan logistik dari AS," jelas Erdogan.

"Baiklah kalau begitu. Mereka (ISIS) jadi milikmu. Kami sudah selesai dengan Suriah," ujar sumber tersebut menirukan ucapan Trump.

Sementara The Associated Press sebelumnya memberitakan Erdogan sempat bertanya mengapa pasukan AS masih berada di sana.

Trump yang saat itu sedang bersama para stafnya seperti Penasihat Keamanan Nasional John Bolton langsung bertanya mengapa pasukan AS masih di sana jika ISIS hampir dikalahkan.

Sebelumnya pada pekan lalu, Trump mengumumkan bakal menarik pasukan dari Suriah setelah mengklaim telah mendapat kemenangan atas ISIS.

Juru bicara Pentagon kemudian menyatakan bahwa surat perintah untuk menarik pasukan dari Suriah sudah ditandatangani.

Baca juga: Trump: Erdogan Janji Sisa Anggota ISIS Bakal Dibersihkan dari Suriah

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNN
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com