Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Pekerja Pabrik asal China di Nigeria Ditemukan Hangus Terbakar

Kompas.com - 23/12/2018, 22:21 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber SCMP

LAGOS, KOMPAS.com - Kepolisian Nigeria sedang menggelar penyelidikan atas kasus pembunuhan tiga pekerja asal China yang tubuhnya ditemukan hangus terbakar di Lagos sepekan lalu.

Menurut laporan dari stasiun radio di Provinsi Zhejiang, ketiga korban merupakan karyawan di sebuah pabrik furnitur yang berlokasi di kota terbesar di Nigeria. Pabrik itu diketahui milik seorang pebisnis asal Kota Ruian.

Ketiga korban sebelumnya dilaporkan menghilang usai acara makan malam bersama. Tubuh keduanya baru ditemukan sehari kemudian, pada 15 Desember lalu dalam keadaan sudah hangus.

Disampaikan pemilik pabrik, yang mengaku bernama He, dua di antara korban bernama Zhang dan Hong, asal Provinsi Zhejiang. Sementara satu korban lainnya, Sun, berasal dari Shandong.

Baca juga: Petugas di Texas Berhasil Selamatkan 100 Ular dari Rumah yang Terbakar

"Kepolisian setempat membutuhkan waktu beberapa jam untuk menemukan para korban. Tubuh mereka terbakar parah, mereka telah diperlakukan dengan sangat kejam," kata He kepada stasiun radio di Zhenjiang.

Konsulat jenderal China di Lagos, pada Sabtu (22/12/2018), mengatakan bahwa situasi kasus ini sangat rumit, namun tidak memberikan informasi lebih lanjut.

Para diplomat China di Nigeria telah mendesak kepada pemerintah setempat untuk meningkatkan proses penyelidikan agar dapat segera mengungkap kasus ini. Demikian disampaikan konsulat jenderal dalam pernyataannya.

China memiliki hubungan politik dan perdagangan yang cukup erat dengan Nigeria. Hampir sepertiga investasi asing di negara itu berasal dari China pada tahun 2016.

Disampaikan duta besar China untuk Nigeria, Zhou Pingjian, ada sekitar 40.000 hingga 50.000 warga negara China yang tinggal di negara-negara di Afrika. Sebagian besar merupakan pekerja dan pengusaha, serta mereka yang merupakan warga keturunan China.

Baca juga: 9 Turis Inggris Dievakuasi dari Yacht yang Terbakar akibat Petir

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com