Kompas.com - 23/12/2018, 19:30 WIB

RIYADH, KOMPAS.com - Pemerintah Arab Saudi berencana untuk mereformasi badan-badan intelijennya usai terjadinya kasus pembunuhan Jamal Khashoggi.

Reformasi dilakukan untuk memastikan badan-badan intelijen Arab Saudi selaras dengan kebijakan keamanan nasional, hukum internasional, dan hak asasi manusia.

Diberitakan media pemerintah Saudi, Kamis (20/12/2018), sebuah komite reformasi telah menggelar pertemuan tiga pekan usai kematian Khashoggi di awal Oktober.

Pihak berwenang telah mengatakan bahwa jurnalis tersebut dibunuh oleh beberapa orang berkewarganegaraan Arab Saudi saat mengunjungi kantor konsulat di Istanbul, Turki.

Meski demikian, nama Khashoggi tidak disebutkan dalam laporan Lembaga Pers Saudi (SPA) tentang rencana pemerintah dalam melakukan reformasi badan intelijen.

Baca juga: Arab Saudi Sebut Senat AS Telah Campur Tangan

Menurut SPA, pemerintah Saudi akan membentuk empat departemen intelijen baru, untuk strategi dan pengembangan, urusan hukum, peninjauan internal, serta kegiatan intelijen.

Dilaporkan media itu, tujuan restrukturisasi dan reformasi lembaga intelijen tersebut adalah untuk menemukan celah dalam struktur organisasi, kemudian merekomendasikan solusi.

"Kerajaan Arab Saudi menyatakan akan melanjutkan pengembangan dan menata lembaga-lembaganya sebagai bagian dari strategi untuk mengembangkan sistem pemerintahan, terutama terhadap badan-badan keamanan dan intelijen, demi mencapai praktik internasional terbaik," tulis laporan media tersebut.

Kematian Jamal Khashoggi, seorang kolumnis di Washington Post, disebut berkaitan dengan sikapnya yang sering mengkritisi pemerintahan dalam Kerajaan Arab Saudi.

Banyak pihak yang menyebut pemerintah Saudi berada di belakang kasus pembunuhan ini, mengundang kritik dan kecaman dari masyarakat internasional.

Halaman:
Sumber UPI
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.