Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kakak Raja Arab Saudi Meninggal Dunia

Kompas.com - 23/12/2018, 11:54 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

RIYADH, KOMPAS.com - Pangeran Talal bin Abdulaziz, kakak dari Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz, dikabarkan telah meninggal.

Ayah dari miliarder, Alwaleed bin Talal itu meninggal di usia 87 tahun, diduga karena sakit yang telah dideritanya selama beberapa tahun.

Kabar meninggalnya Pangeran Talal diumumkan oleh pengadilan kerajaan Saudi pada Sabtu (22/12/2018). Demikian dilansir dari Reuters.

Pangeran Alwaleed juga telah mengkonfirmasi kabar meninggalnya sang ayah melalui akun Twitter milinya pada Sabtu (22/12/2018).

"Pangeran Talal telah dipanggil Tuhan pada Sabtu," tulis Pangeran Alwaleed.

Baca juga: Tak Betah Dipenjara, Pangeran Alwaleed Mulai Negosiasi Kebebasannya

"Keluarga akan menerima ucapan duka cita dari para pelayat mulai Minggu hingga Selasa di kediaman di Riyadh," tambahnya.

Pangeran Talal sempat menjalani kehidupan dalam pengasingan di luar negeri pada 1960-an, setelah pemerintah Saudi mencabut paspornya karena terlibat dalam upaya mereformasi konstitusi yang digerakkan sekelompok pangeran.

Dia juga dituduh bersekutu dengan Presiden Mesir saat itu, Gamal Abdel Nasser, yang menjadi rival kerajaan Saudi.

Pangeran Talal dapat kembali ke kerajaan setelah Faisal bin Abdulaziz al-Saud, menjadi Raja Saudi pada 1964.

Pangeran Talal sempat menjadi anggota Dewan Kesetiaan, badan yang bertanggung jawab dalam mengawasi proses suksesi kerajaan Arab Saudi, sebelum mengundurkan diri pada 2011.

Dia juga termasuk salah satu tokoh yang vokal dalam mendukung upaya pemberian hak yang lebih besar terhadap perempuan Saudi, untuk bekerja dan mengemudi.

Pengadilan kerajaan menyatakan akan menggelar upacara pemakaman untuk pangeran di Masjid Imam Turki bin Abdullah di Riyadh, pada Minggu (23/12/2018) siang. Demikian diberitakan Khaleej Times.

Baca juga: Raja Salman Lakukan Tur Dalam Negeri Pertama Sejak Naik Takhta

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com