Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trauma Potong Rambut, Gadis Remaja di India Ini Justru Pecahkan Rekor Dunia

Kompas.com - 23/12/2018, 09:00 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

GANDHINAGAR, KOMPAS.com - Gadis berusia 16 tahun asal negara bagian Gujarat, India ini tercatat sebagai pemegang rekor dunia versi Guinness untuk remaja pemilik rambut terpanjang di dunia.

Dalam catatan Rekor Dunia Guinness, Nilanshi Patel dinobatkan sebagai remaja dengan rambut terpanjang, yakni sepanjang 170,5 sentimeter.

Tampil dalam sebuah acara yang menampilkan para pemegang rekor dunia, La Notte dei Record atau The Night of Records, di Italia, Nilanshi Patel mengisahkan bagaimana awal mula hingga dia akhirnya memiliki rambut rambut yang sangat panjang.

Gadis yang dijuluki Rapunzel oleh teman-temannya ini mengaku sudah tidak memotong rambutnya selama sekitar 10 tahun.

Nilanshi terakhir kali memotong rambut saat berusia enam tahun. Namun pengalaman potong rambut itu berakhir dengan buruk sehingga membuatnya trauma.

Baca juga: Pria 106 Tahun Ini Punya Hobi Cetak Rekor Dunia di Hari Ulang Tahunnya

"Saya pergi untuk memotong rambut saya dan hasilnya sangat buruk. Sejak saat itu saya memutuskan untuk tidak lagi memotong rambut."

"Saya memutuskan hal itu saat berusia enam tahun dan belum pernah potong rambut lagi sejak saat itu," ujar Nilanshi, seperti dilansir dari laman Guinness World Records.

Keputusan untuk tidak lagi memotong rambut memang membuat Nilanshi tidak perlu lagi pergi ke salon atau tempat penata rambut.

Namun hal itu juga meninggalkan masalah baru karena merawat rambut yang sangat panjang membutuhkan usaha ekstra.

Karena keramas akan menjadi pekerjaan yang melelahkan, Nilanshi hanya melakukannya seminggu sekali. Setelah itu dibutuhkan waktu setengah jam untuk mengeringkannya dan satu jam lagi untuk menyisirnya, meski sudah dibantu ibunya.

Nilanshi Patel (16) bersama ibunya, menunjukkan rambutnya yang sepanjang 170,5 sentimeter.GUINNESS WORLD RECORDS Nilanshi Patel (16) bersama ibunya, menunjukkan rambutnya yang sepanjang 170,5 sentimeter.
Sang ibu pun mengaku tidak keberatan dengan keputusan putrinya yang tak mau lagi ke tempat potong rambut.

Akan tetapi, di balik kerepotan saat merawat rambut panjangnya, Nilanshi mengatakan bahwa memiliki rambut sangat panjang tidak mengganggunya beraktivitas dan dia tetap dapat melakukan semua yang ingin dilakukannya.

"Orang-orang berpikir jika saya akan mendapat kesulitan dengan rambut saya, tapi saya selalu mengatakan saya tidak mengalami masalah."

"Saya masih bisa melakukan apa pun yang saya inginkan termasuk berolahraga. Rambut ini adalah keberuntungan bagi saya," kata Nilanshi.

"Saya biasa mengikat rambut saya dan menggulungnya ke atas. Saat saya melakukan sesuatu atau ketika bermain tenis meja, saya menggulung rambut saya ke atas sehingga saya tetap dapat beraktivitas dengan nyaman," tambahnya.

Baca juga: Gadis 14 Tahun Asal Mesir Pecahkan Rekor Dunia Menyelam Lebih dari 55 Jam

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com