Kompas.com - 21/12/2018, 12:09 WIB

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump bersikukuh keputusannya menarik militer dari Suriah sudah tepat.

Dalam kicauannya di Twitter seperti dikutip New York Times Kamis (20/12/2018), Trump menuturkan keputusan itu sudah ada dalam benaknya selama bertahun-tahun.

Dia mulai mengutarakan niatnya untuk menarik pasukan dari Suriah pada Maret lalu. Namun setelah itu dia setuju memperpanjang masa tugas.

Baca juga: Selain Suriah, Trump Bakal Tarik Pasukan AS dari Afghanistan

Presiden 72 tahun itu berkata, Suriah, Iran, dan Rusia adalah musuh lokal Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS). Namun AS-lah yang mengalahkan mereka.

Karena itu ketika dia mengumumkan AS telah menang melawan ISIS, dia menyebut sudah waktunya personel militer pulang dan memperkuat AS.

"AS seharusnya tak menjadi polisi di Timur Tengah. Mengorbankan uang dan nyawa namun tak mendapat apa-apa. Apakah kami ingin pasukan itu berada di sana selamanya?" tanya Trump.

Presiden dari Partai Republik itu mengklaim banyak negara termasuk Rusia dan Iran tidak senang dengan keputusannya memulangkan pasukan.

Namun dia merasa sudah saatnya pihak lain bertempur menggantikan AS. Dia kemudian meyakinkan publik bahwa ISIS bukan lagi menjadi ancaman bagi AS.

"Saat ini saya mmebangun militer terkuat di dunia. Jika ISIS mencoba untuk menghantam kami, mereka bakal tamat!" tegasnya.

Sebelumnya, Trump mengumumkan bahwa AS memperoleh kemenangan melawan ISIS, dan bakal menarik sekitar 2.000 pasukan AS dari sana.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.