Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mendiang George HW Bush Diam-diam Pernah Biayai Bocah Filipina

Kompas.com - 20/12/2018, 15:02 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Sebuah kisah menyentuh tentang mendiang mantan Presiden Amerika Serikat (AS) George HW Bush terungkap.

Bush Senior, begitu dia disapa, ternyata berkomunikasi dan membiayai seorang bocah Filipina secara rahasia selama 10 tahun.

Yayasan Compassion International dikutip ABC News Kamis (20/12/2018) merilis surat maupun foto bocah yang diketahui bernama Timothy itu.

Baca juga: Mendiang Mantan Presiden AS George HW Bush Pernah Selamat dari Kanibal

Mantan Presiden Compassion Wess Stafford berujar, korespondensi mereka dimulai pada 2001 ketika Bush mengambil paket senior saat konser Natal.

Kepada CNN dikutip London Evening Standard dia berkata, awalnya para musisi menanyakan kepada hadirin apakah ada yang bersedia menjadi sponsor bagi anak-anak.

"Kami terkejut ketika Tuan Bush yang duduk dengan dikelilingi oleh para pengawalnya mengacungkan tangannya dan meminta paket," kenang Stafford.

Dengan menggunakan nama samaran George Walker, Bush Senior menulis bahwa dia ingin menjadi teman pena Timothy, dan memperkenalkan diri sebagai pria tua di Texas.

"Saya berusia 77 tahun namun saya sangat suka anak-anak. Meski kita belum pernah bertemu namun saya sudah sayang kepadamu. Saya bakal menulis dari waktu ke waktu," tulis Bush.

Para pengawalnya terkejut ketika sang presiden ke-41 AS itu menulis surat kepada Timothy, dan meminta agar identitasnya tetap dirahasiakan.

Stafford menjelaskan dia juga sepakat dengan usul itu. Menurutnya, menyembunyikan identitas Bush bisa melindungi Timothy juga.

"Demi alasan keamanan, Timothy tidak boleh tahu bahwa orang yang menulis surat kepadanya merupakan mantan Presiden AS," jelas Stafford.

Selama tahun-tahun berikutnya, eks presiden yang dikenal karena kebijakannya soal Perang Teluk itu tak hanya menulis surat kepada Timothy yang kala itu berusia tujuh tahun.

Bush Senior juga membiayai pendidikan Timothy, kegiatan ekstrakurikilernya, bahkan mengirimkan daging. Meski harus menyembunyikan identitas, Bush sering memberikan serangkaian petunjuk.

Misalnya, dalam sebuah surat terdapat pertanyaan seperti ini "Timothy, pernahkah kamu mendengar tentang Gedung Putih? Di situlah Presiden AS tinggal".

Kemudian dalam "pesan rahasia" lain, Bush Senior menuturkan dia bakal merayakan Natal bersama sang anak, George Walker Bush, yang juga menjadi Presiden AS.

Baca juga: Trump dan Melania Beri Penghormatan Terakhir pada George HW Bush

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com