Kompas.com - 20/12/2018, 12:56 WIB

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Kasus kematian jurnalis Arab Saudi Jamal Khashoggi diduga menjadi pertimbangan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump untuk menarik pasukan dari Suriah.

Jurnalis Al Jazeera Alan Fisher mengutip pejabat anonim AS bahwa Trump telah memberi tahu rencananya kepada Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.

"Kepada Erdogan, presiden mengatakan bahwa penarikan itu merupakan keputusannya sendiri tanpa mendiskusikannya," kata pejabat itu seperti dilansir Kamis (20/12/2018).

Baca juga: Trump Deklarasikan Kemenangan atas ISIS di Suriah

Washington bersikukuh tidak ada negosiasi antara Erdogan dan Trump. Namun anggota Kongres maupun Senat AS yakin ada benang merah antara percakapan itu ke keputusan Trump.

"Mereka meyakini, Trump melakukannya supaya Turki paling tidak mengendurkan tekanannya kepada Saudi terkait kematian Khashoggi," terang Fisher.

Khashoggi dibunuh pada 2 Oktober di Konsulat Saudi di Istanbul saat mengurus dokumen pernikahan dengan tunangannya, Hatice Cengiz.

Sumber penyelidik Turki menerangkan setelah dibunuh, jenazah Khashoggi kemudian dimutilasi dan dilenyapkan menggunakan cairan asam.

Selama ini, pemerintah Turki baik melalui Erdogan maupun para menterinya mendesak Riyadh agar menyerahkan pelaku pembunuhan Khashoggi supaya diadili di Istanbul.

Sejumlah politisi di Senat AS meyakini perintah untuk membunuh jurnalis 59 tahun itu datang dari Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman (MBS).

Meski begitu, Trump tetap menunjukkan dukungan kepada Saudi dengan mengatakan bahwa Riyadh merupakan sekutu potensial AS di Timur Tengah.

Halaman:
Sumber Al Jazeera
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.