Kompas.com - 19/12/2018, 18:39 WIB

NEW YORK, KOMPAS.com - Duta Besar Amerika Serikat (AS) untuk PBB Nikki Haley beri perkembangan soal rencana perdamaian Palestina dan Israel.

Dalam pertemuan Dewan Keamanan PBB, Haley menuturkan rencana perdamaian yang diusulkan AS itu lebih panjang dan mengandung banyak detil penting.

"Rencana itu mengakui realitas di Timur Tengah yang sudah berkembang dalam bentuk penting," kata Haley dilansir Al Jazeera Rabu (19/12/2018).

Baca juga: Rencana Perdamaian Israel-Palestina Versi Trump Dinilai Buang Waktu

Dubes yang bakal mengakhiri masa tugasnya pada 2018 ini berujar dokumen itu memuat hal positif maupun hal negatif dari Israel dan Palestina.

Rakyat Palestina, kata Haley, bakal memperoleh keuntungan jika terlibat dalam rencana perdamaian yang dipromosikan Washington.

"Proposal ini bakal berbeda dari yang sebelumnya, Pertanyaan kritisnya adalah apakah mereka bakal merespon juga berbeda," tutur Haley.

Perumusan propsal perdamaian itu dilakukan menantu Presiden Donald Trump sekaligus penasihat senior Jared Kushner dan Utusan AS Jason Greenblatt.

Inti dari rencana perdamaian tersebut mengenai status Yerusalem serta proyek permukiman ilegal yang terjadi kawasan pendudukan.

Haley melanjutkan, Palestina dan Israel maupun negara-negara yang ada di dunia ini punya dua pilihan. Satu, fokus pada hal yang tak disenangi.

Jika itu yang dipilih, maka status quo yang sudah berlangsung selama 50 tahun bakal rusak. "Atau fokus pada yang mereka sukai dan mendukung perdamaian," tuturnya.

Halaman:
Sumber Al Jazeera


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.