Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trump Perintahkan Pentagon Bentuk Komando Luar Angkasa

Kompas.com - 18/12/2018, 23:53 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

WASHINGTON, KOMPAS.com - Presiden Amerika Serikat Donald Trump memerintahkan kepada Departemen Pertahanan untuk segera membentuk komando khusus yang akan mengendalikan operasi militer di luar angkasa.

Komando Luar Angkasa tersebut nantinya akan menjadi struktur keorganisasian baru di dalam Pentagon.

Dilansir dari AFP, perintah tersebut akan terpisah dari tujuan Trump membangun cabang militer baru yang disebut Angkatan Luar Angkasa, meski tidak menutup kemungkinan akan mengarah pada hal yang sama.

"Saya memerintahkan pembentukan, yang konsisten dengan hukum AS, Komando Luar Angkasa Amerika Serikat, sebagai Komando Tempur Gabungan yang fungsional," kata Trump dalam memo kepada Menteri Pertahanan Jim Mattis, Selasa (18/12/2018).

Baca juga: AS Bentuk Pasukan Luar Angkasa untuk Tangkal Rusia dan China

Berbicara di Pusat Luar Angkasa Kennedy di Cape Canaveral, Florida, Wakil Presiden Mike Pence menyampaikan, Komando Luar Angkasa AS akan bertugas mengintegrasikan kemampuan dari semua cabang militer.

"Ini akan mengembangkan doktrin, taktik, teknik, dan prosedur ruang angkasa yang akan memungkinkan para pejuang kami untuk membela bangsa di era yang baru," kata Pence.

Jika rencana Komando Luar Angkasa ini terlaksana, maka kemungkinan SpaceCom akan menjadi komando tempur ke-11 Pentagon, setara dengan komando tempur terkenal lainnya, seperti Komando Sentral dan Komando Eropa.

Pada Juni, Trump menyampaikan keinginannya untuk menciptakan Angkatan Luar Angkasa yang akan menjadi bagian cabang militer AS yang sepenuhnya baru, setelah Angkatan Laut, Korps Marinir, Angkatan Darat, dan Angkatan Udara.

Trump bersikeras langkah pembentukan angkatan militer baru tersebut diperlukan untuk mengatasi kerentanan di luar angkasa, serta menegaskan dominasi AS di orbit Bumi.

Namun rencana pembentukan Angkatan Luar Angkasa tersebut belum sepenuhnya dapat dilakukan karena masih membutuhkan persetujuan dari Kongres.

Rencana tersebut telah banyak mendapat kritikan dan pandangan skeptis berkenaan dengan masalah undang-undang serta biaya dan masalah birokrasi yang harus dilalui.

Penciptaan Angkatan Luar Angkasa juga dipandang akan memicu perselisihan di dalam Pentagon, terutama dengan Angkatan Udara yang selama ini telah bertanggung jawab untuk keamanan wilayah udara termasuk sebagian besar operasi ruang angkasa AS.

Baca juga: Trump Ingin AS Dominasi Penjelajahan Luar Angkasa, Bulan, dan Mars

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com