Kompas.com - 18/12/2018, 23:29 WIB

MOSKWA, KOMPAS.com - Rusia kembali menegaskan akan meningkatkan kehadiran militernya di kawasan Kutub Utara selama tahun depan.

Disampaikan Kementerian Pertahanan Rusia, Moskwa ingin menegaskan pengaruhnya di wilayah yang dianggap sebagai kawasan strategis itu.

"Kami akan menyelesaikan pembangunan infrastruktur pada 2019 untuk mengakomodasi unit radar pertahanan udara dan titik-titik panduan penerbangan di Kepulauan Sredny dan Wrangel, serta di Cape Schmidt," kata Menteri Pertahanan Sergei Shoigu, Selasa (18/12/2018).

Baca juga: Ukraina: Keberadaan Militer Rusia di Perbatasan Masih Tinggi

Rusia telah bertahun-tahun meningkatkan aktivitasnya di Arktik yang dianggap sebagai prioritas utama lantaran kekayaan mineral dan kepentingan militernya.

Ditambahkan Shoigu, akomodasi untuk personil militer dan infrastruktur penerbangan telah diselesaikan di lokasi lain di Kutub Utara.

Rusia telah membuka rangkaian pangkalan militer dan ilmiah di Arktik selama beberapa tahun terakhir dengan kepentingan di kawasan itu terus meningkat untuk membuka rute pelayaran dan membuka akses ke sumber daya mineral yang selama ini belum dapat dieksploitasi.

Presiden Rusia, Vladimir Putin telah berulang kali melakukan perjalanan ke wilayah Kutub Utara. Tahun lalu, dia menyebut eksplorasi lebih lanjut dan penambangan bahan baku dari wilayah itu sangat penting.

Beberapa waktu lalu, NATO telah menggelar latihan militer terbesar sejak akhir Perang Dingin di dekat perbatasan Arktik Rusia dengan Norwegia dan menuduh Moskwa telah melakukan gangguan sinyal GPS selama digelarnya latihan.

Baca juga: Rusia Terbangkan Dua Pesawat Pengebom ke Venezuela

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.