Kompas.com - 18/12/2018, 13:05 WIB

TOKYO, KOMPAS.com - Jepang merilis rencana pertahanan yang memuat persetujuan untuk mempunyai kapal induk pertama sejak Perang Dunia II.

Rencana yang disetujui dalam pertemuan kabinet itu sebagai upaya untuk mengimbangi meningkatnya pengaruh militer China yang meluas di kawasan itu.

SCMP maupun AFP mewartakan Selasa (18/12/2018), dalam panduan pertahanan selama lima tahun ke depan, terdapat poin untuk mengubah dua kapal perusak angkut helikopter kelas-Izumo.

Baca juga: Jepang Berencana Punya Kapal Induk Pertama sejak Perang Dunia II

Dua kapal bernama Izumo dan Kaga itu nantinya bakal diubah spesifikasinya hingga menjadi kapal induk yang bisa meluncurkan jet tempur.

Perubahan itu diharapkan bisa menampung 42 jet tempur siluman F-35B buatan Amerika Serikat (AS) yang mampu untuk lepas landas maupun mendarat secara vertikal.

Jet tempur F-35B itu bakal dibeli Jepang dalam 10 tahun ke depan. Selain itu, mereka juga berencana membeli 105 unit F-35A yang mempunyai kemampuan lepas landas dan mendarat secara konvensional.

Sumber dari pejabat Jepang mengatakan, mereka tidak mempunyai lahan yang cukup untuk dijadikan landasan guna meluncurkan F-35.

"Sebuah kapal induk tentu sangat berguna di barat Pasifik, di mana Jepang ingin berperan penting dalam aliansi dengan AS," tutur pejabat itu.

Panduan pertahanan itu bakal meneguhkan rencana Perdana Menteri Shinzo Abe untuk meningkatkan kemampuan militer Jepang untuk membuatnya menjadi "negara normal".

Tokyo menjelaskan upaya itu dibutuhkan karena tantangan yang meningkat di kawasan itu. Termasuk ketegangan dengan Korea Utara (Korut).

Halaman:


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.