Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Karena 4 Fans K-Pop, Penumpang Korean Air Terpaksa Turun dari Pesawat

Kompas.com - 17/12/2018, 14:56 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

SEOUL, KOMPAS.com - Para penumpang maskapai Korean Air yang hendak bertolak dari Hong Kong menuju Seoul terpaksa turun dari pesawatnya.

Penyebabnya terdapat empat orang penggemar K-Pop yang masuk ke dalam pesawat demi bertemu dengan idolanya yang ada dalam penerbangan tersebut.

Baca juga: Diduga akibat Ulah Sasaeng, BTS Alami Tabrakan Mobil di Taiwan

Korea Times via London Evening Standard Minggu (16/12/2018) memberitakan, empat orang fans itu berusia sekitar 20-an, satu dari Hong Kong dan sisanya dari China.

Mereka membeli dua tiket kelas eksekutif, satu kelas bisnis, dan satu kelas ekonomi demi bertemu dengan grup idola mereka.

Idol group yang tak disebutkan identitasnya itu diduga berpartisipasi dalam ajang Mnet Asian Music Awards (MAMA) yang dihelat di Hong Kong Sabtu (14/12/2018).

Adapun Chosun Ilbo mewartakan, grup yang dimaksud tersebut adalah boy band bernama Wanna One. Setelah bertemu, keempat fans itu meminta diturunkan.

Padahal saat itu pesawat tersebut sedang bersiap lepas landas. Meski awak kabin mencoba menahan mereka, keempat fans itu ngotot untuk turun.

Karena ulah mereka, sekitar 360 penumpang Korean Air terpaksa harus turun lagi dari pesawat untuk menjalani pemindaian ulang sesuai peraturan penerbangan.

Keempat fans itu menerima pengembalian tiket dengan penerbangan dilaporkan terlambat selama satu jam sebelum diizinkan terbang.

Sumber internal maskapai kepada news.naver.com menuturkan, ini bukan kali pertama mereka mengalami insiden dengan fans tersebut.

Pejabat anonim itu menjelaskan berulang kali ada fans yang membeli tiket pesawat hanya demi bertemu dengan idola mereka di pintu keberangkatan.

Newsweek memberitakan, fandom yang sudah termasuk ke dalam level membuntuti atau melanggar privasi idolanya disebut sebagai Sasaeng.

Pekan lalu, diduga seorang Sasaeng mengakibatkan boyband Bangtan Boys (BTS) kecelakaan mobil di Taiwan di mana anggota mereka tak ada yang terluka.

Baca juga: 10 Merchandise Idola K-pop yang Aneh dan Mengejutkan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com