Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Fakta Menarik Wright Bersaudara, Penemu Pesawat Terbang...

Kompas.com - 17/12/2018, 14:30 WIB
Aswab Nanda Pratama,
Bayu Galih

Tim Redaksi

Sumber History

KOMPAS.com - Keberhasilan Wright bersaudara menerbangkan " Wright Flyer 1" menjadi catatan bersejarah dalam dunia penerbangan. Pesawat buatan itu mampu terbang dan menjadi pesawat pertama di dunia.

Bertempat di Kitty Hawk, North Carolina, Amerika Serikat, pesawat Wright Bersaudara berkali-kali diuji coba hingga akhirnya mereka mampu menyempurnakan desain pesawat Wright Flyer 1.

Nama Orville Wright dan Wilbur Wright kian dikenal ke berbagai penjuru dunia sebagai penemu pesawat.

Perusahaan yang didirikan Wright Bersaudara juga ramai mendapatkan pesanan dari Angkatan Darat AS untuk tipe pesawat tertentu. Hingga jenis pesawatnya digunakan pada Perang Dunia 1 dan Perang Dunia II.

Berikut adalah fakta menarik mengenai Wright Bersaudara yang belum anda ketahui:

1. Lempar koin

Setelah berhasil membuat pesawat, kini giliran siapa yang ditunjuk untuk menguji coba pesawat itu. Lempar koin dianggap sebagai langkah adil untuk menentukan penguji.

Kakaknya, Wilbur mendapatkan kesempatan pertama tapi tak berhasil. Wilbur malah menyebabkan kerusakan kecil pada pesawat yang diuji coba pada 14 Desember 1903.

Tiga hari kemudian, Orville yang menggunakan jas dan berdasi berbaring telentang di sayap bawah pesawat dan mengambil kendali.

Pada pukul 10.35 waktu setempat, Wright Flyer bergerak dan mampu terbang dengan halus. Selama 12 detik, pesawat meninggalkan tanah sebelum kembali ke tanah.

Kemudian, mereka berdua saling bertukar posisi dalam mengendalikan pesawat. Jarak tempuh penerbangan semakin jauh. Wright Flyer dikurung kembali ke Dayton dan tidak pernah terbang lagi.

2. Terinspirasi mainan

Obsesi yang membuat mereka menyukai penerbangan adalah ketika pada 1878 mendapatkan hadiah mainan dari ayahnya.

Mainan yang hampir mirip dengan bentuk helikopter ini menjadikan inspirasi bagi Wright Bersaudara untuk mengembangkan teknologi pesawat terbang.

Upaya mereka akhirnya bisa terwujud pada 17 Desember 1903 dengan keberhasilan menerbangkan Wright Flyer di Kitty Hawk, North Carolina.

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah, Wright Bersaudara Terbangkan Pesawat Pertama

3. Bisnis surat kabar

Wilbur Wright pernah bergabung dengan bisnis percetakan Orville. Pada 1889, mereka mulai menerbitkan surat kabar mingguan, West Side News.

Tahun berikutnya, mereka menerbitkan surat kabar harian pendek, The Evening Item.

Halaman:
Baca tentang
Sumber History

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com