Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kim Jong Un Peringati Tujuh Tahun Meninggalnya Sang Ayah

Kompas.com - 17/12/2018, 12:51 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

PYONGYANG, KOMPAS.com - Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un mengunjungi makam almarhum sang ayah, Kim Jong Il di Pyongyang, pada Minggu (16/12/2018) malam.

Ziarah ke monumen makam pendahulunya di Istana Matahari Kumsusan itu sebagai bentuk penghormatan memperingati tujuh tahun meninggalnya Kim Jong Il.

"Dia (Kim Jong Un) memberikan penghormatan tertingginya kepada Kim Jong Il yang telah mengabdikan seluruh hidupnya demi kemakmuran negara dan kebahagiaan rakyat sampai saat-saat terakhir karir revolusionernya," tulis Korean Central News Agency, Senin (17/12/2018).

Tak hanya Kim Jong Un, ribuan rakyat Korea Utara juga tampak berbondong-bondong mendatangi monumen makam para pemimpin negara itu untuk memberi penghormatan, sekaligus bersumpah setia kepada pemimpin saat ini, Kim Jong Un.

Baca juga: Nenek Tiri Kim Jong Un Dikabarkan Meninggal Dunia

Kim Jong Il menjabat sebagai pemimpin Korea Utara sejak 1994, menggantikan ayahnya, Kim Il Sung, yang meninggal.

Kim Jong Il meninggal dunia pada 17 Desember 2011 dan jabatan pemimpin pun beralih ke putranya, Kim Jong Un, yang kala itu masih berusia akhir 20-an tahun.

Peringatan kematian Kim Jong Il berarti sekaligus memperingati mulai berkuasanya Kim Jong Un.

Melansir dari KCNA, semasa hidupnya, Kim Jong Il menyerukan upaya-upaya peningkatan untuk memenuhi kewajiban dan tugasnya sebagai prajurit revolusioner.

"Dia juga bekerja keras melaksanakan rencana dan mencapai keinginannya hingga akhir tanpa berbelok dan kelonggaran sedikit pun," tulis media negara tersebut.

Kim datang dengan didampingi sejumlah pejabat senior ke monumen makam yang ditandai dengan dua patung perunggu raksasa, yang menampilkan sosok dua pemimpin pendahulunya, yakni sang ayah, Kim Jong Il dan kakek sekaligus pendiri negara, Kim Il Sung.

Dilaporkan KCNA, kunjungan ke makam mendiang sang ayah itu menjadi aktivitas publik Kim Jong Un setelah terakhir kali diberitakan oleh media negara pada dua pekan lalu.

Sebelumnya, Kim Jong Un dilaporkan melakukan perjalanan ke pabrik sepatu di Wonsan di pantai timur Korea Utara pada awal bulan ini.

Acara peringatan itu digelar di tengah perundingan denuklirisasi Korea Utara dengan AS yang hampir terhenti sejak pertemuan bersejarah kedua pemimpin negara di Singapura, Juni lalu.

Baca juga: Beredar Gambar Kim Jong Un Pakai Masker Kecantikan di Korsel

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com