Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Resolusi Sehat 2019? Ahli Sarankan Diet Teknologi

Kompas.com - 17/12/2018, 11:00 WIB
Gloria Setyvani Putri

Editor

KOMPAS.com - Rata-rata pengguna internet menghabiskan sekitar 6,5 jam harinya berselancar di dunia maya. Kecenderungan itu tercatat dalam survei yang digelar di 34 negara oleh firma data konsumen, GlobalWebIndex.

Survei itu mencatat, dalam sehari pengguna internet di Thailand, Filipina, dan Brasil menghabiskan sembilan jam di internet. Satu pertiga waktu itu mereka gunakan di media sosial.

Efek teknologi terhadap kesehatan raga dan jiwa masih menjadi inti penelitian ilmu pengetahuan.

Dr Shimi Kang, pakar kesehatan mental anak dan orang dewasa yang ternama dari Kanada, kini tengah fokus menyelidiki kecanduan teknologi.

"Teknologi semakin dikaitkan dengan kegelisahan, depresi, dan ketidakpuasan terhadap bentuk tubuh. Kecanduan yang disebabkan internet kini menjadi diagnosa medis," ujar Kang kepada BBC.

Baca juga: WHO Resmi Tetapkan Kecanduan Game Sebagai Gangguan Mental

Sama seperti makanan dengan kadar gizi rendah atau tinggi, teknologi pada dasarnya juga memiliki beberapa tipe.

Jika kita ingin mengelola hubungan yang sehat dengan teknologi, kita perlu memahami sejauh apa efek mereka terhadap otak kita.

Bagaimana otak bereaksi terhadap teknologi

Dr Kang mengatakan, otak kita melakukan proses metabolisme terhadap teknologi dengan cara melepas enam molekul kecil berbeda ke dalam tubuh, yakni:

  • Serotonin - Dilepas ketika kita tengah kreatif, terhubung dan berkontribusi pada suatu hal.
  • Endorfin - Penghilang rasa sakit pada tubuh dan molekul kecil kedamaian. Ini dilepas ketika kita fokus pada suatu hal, bermeditasi, bersyukur, dan melatih organ kardioveskular.
  • Oksitoksin - Dilepas ketika kita menjalin sebuah hubungan. Ini kerap dianggap positif, tapi banyak predator di dunia maya memanfaatkan ini untuk memperdayai kepercayaan korban.
  • Dopamin - Hormon kesenangan yang berkaitan dengan reaksi instan, tapi juga ketergantungan. Teknologi kini condong didesain secara khusus untuk memicu pelepasan dopamin.
  • Adrenalin - Terkenal mengelola reaksi kita dalam pertengkaran atau situasi tak biasa, seperti berada pada suatu penerbangan. Namun pelepasan molekul ini juga didorong 'like', 'poke' dan perbandingan akun media sosial.
  • Kortisol - Tanda-tanda dari kegelisahan, kurang tidur, terlalu sibuk, gangguan pikiran.

Jadi, tidak semua teknologi memiliki karakter sama dan yang lebih penting adalah teknologi menghasilkan efek yang berbeda-beda.

Kesehatan, racun, dan sampah teknologi

"Teknologi yang sehat dapat memacu metabolisme otak yang melepaskan serotonin, endorfin, dan/atau, oksitoksin," kata Kang.

Sejumlah contoh teknologi ini adalah aplikasi ponsel pintar tentang meditasi dan jejaring sosial yang memungkinkan kita berhubungan dengan orang lain.

Namun tambahan kebiasaan yang mendorong pelepasan dopamin dapat membuat Anda menuju tahap kecanduan.

"Misalnya ada sebuah aplikasi kreatif dan andak anda sangat gemar membuat film di program itu. Namun mereka kini semakin sering melakukannya, menghabiskan enam hingga tujuh jam sehari untuk itu."

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com