Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/12/2018, 16:17 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

PHNOM PENH, KOMPAS.com - Otoritas Kamboja telah menyita lebih dari 3 ton gading gajah yang disembunyikan dalam sebuah kontainer penyimpanan yang dikirim dari Mozambik.

Temuan yang diumumkan petugas bea cukai Kamboja, pada Sabtu (15/12/2018) itu menjadi kasus penyelundupan gading gajah terbesar di negara itu.

Melansir dari AFP, pengungkapan penyelundupan sebanyak 1.026 gading gajah itu dilakukan pada Kamis (13/12/2018) lalu di Pelabuhan Otonom di Phnom Penh, setelah mendapat petunjuk dari kedutaan AS.

Penemuan itu sekaligus kembali menyoroti Kamboja sebagai salah satu titik persinggahan regional untuk perdagangan benda satwa liar terlarang bernilai miliaran dollar tersebut.

Baca juga: Istri Robert Mugabe Diduga Lakukan Bisnis Penyelundupan Gading Gajah

"Seribu lebih gading gajah itu disembunyikan di antara marmer dalam kontainer yang telah ditinggalkan," ujar Sun Chhay, Direktur Kantor Bea dan Cukai di pelabuhan.

Ditambahkannya, kontainer berisi gading gajah tersebut dikirim dari Mozambik dan telah tiba di pelabuhan sejak tahun lalu.

Pemilik dari kiriman kontainer tersebut tidak disebutkan identitasnya dan tidak muncul untuk mengambil kargo.

Pihak bea dan cukai hingga kini masih menggelar penyelidikan terkait penemuan gading gajah tersebut dan belum dapat memastikan apakah kiriman tersebut ditujukan untuk negara lain.

Menurut Sun Chhay, permintaan akan gading gajah ilegal banyak datang dari China dan Vietnam, yang mendorong masih maraknya perdagangan produk satwa liar ilegal tersebut.

Lemahnya penegakan hukum dan korupsi menjadi pendorong penyelundupan produk satwa liar melalui Kamboja, terutama setelah Thailand, yang berdekatan, sedang menggiatkan upaya penindakan perdagangan satwa liar.

Kamboja memiliki populasi gajah yang sangat kecil, namun peranannya sebagai pusat transit pengiriman menjadikan beberapa kali terjadi penemuan dan pengungkapan upaya penyelundupan gading gajah dalam jumlah besar selama lima tahun terakhir.

Sebelumnya pada 2014, petugas bea dan cukai Kamboja berhasil mengungkap upaya penyelundupan tiga ton gading gajah yang disembunyikan dalam kontainer kacang di pelabuhan Sihanoukville.

Tahun lalu, hampi satu ton gading gajah ditemukan tersembunyi dalam kayu yang ditemukan di dalam kontainer yang ditinggalkan dan tercatat sebagai milik perusahaan yang berbasis di Mozambik.

Baca juga: Nestapanya Gajah-gajah yang Kerap Digunakan Beratraksi di Sirkus...

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com