Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kanada Dikejutkan Temuan Berlian Terbesar di Amerika Utara

Kompas.com - 15/12/2018, 16:55 WIB
Veronika Yasinta

Penulis

Sumber CNN

OTTAWA, KOMPAS.com - Berlian kuning 552 karat berhasil digali di Kanada. Berlian itu menjadi yang terbesar yang pernah ditemukan di Amerika Utara.

Diwartakan CNN, Sabtu (15/12/2018), perusahaan pertambangan Dominion Diamond Mines menemukan berlian tersebut pada Oktober lalu di Tambang Berlian Diavik di Wilayah Barat Laut Kanada,

Dalam rilisnya Kamis lalu, penemuan tersebut mengalahkan rekor sebelumnya yang dipegang oleh berlian Diavik Foxfire dengan 187,7 karat.

Baca juga: Berlian Merah Muda 19 Karat Terjual Rp 732 Miliar dalam Lelang

Berlian Diavik Foxfire juga ditemukan di area tambang yang sama pada 2015.

Sementara itu, batu permata yang baru saja diperoleh berukuran 33,74 mm x 54,56 mm dengan 552,74 karat diketahui ketika dalam proses penyaringan awal.

"Penemuan luar biasa ini menampilkan apa yang sungguh spektakuler terkait berlian Canadamark," kata Kepala Dominion Diamond Mines, Kyle Washington.

"Warna dan tekstur berlian menjadi contoh unik perjalanan berlian alami dari pembentukannya sampai kami temukan," imbuhnya.

Perusahaan tidak akan menjual berlian tersebut dalam bentuk kasarnya, dan masih terlalu dini untuk menentukan nilainya.

Perusahaan akan memilih mitra untuk memotong dan memoles batu itu sehingga keindahan, warna, dan kecemerlangan batu dapat maksimal.

Baca juga: Pasangan Ini Curi Berlian di Dubai dengan Cara Menelannya

Sebagai informasi, berlian Diavik Foxfire yang sebelumnya telah menghasilkan 37,87 karat berlian dengan bentuk buah pir yamg indah dan 36,80 karat berlian yang baru saja dilelang.

Permata itu dilelang oleh balai lelang Christies Magnificent Jewels dan dibeli seharga 1,3 juta dollar AS atau sekitar Rp 18,9 miliar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNN
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com