Kompas.com - 15/12/2018, 16:00 WIB

KOMPAS.com - Benua Afrika dikenal sebagai wilayah yang memiliki padang pasir yang terdampar luas atau hewan endemik yang hidup secara bebas di savana.

Terlepas dari itu semua, Benua Afrika menyimpan banyak cerita sejarah. Peradaban kuno seperti Mesir berkembang dan melahirkan bangunan yang dianggap sebagai keajaiban dunia.

Selain Mesir, masih ada beberapa tempat lagi yang menyimpan nilai-nilai historis. Berikut tujuh tempat situs sejarah menakjubkan yang berada di Afrika:

1. Ngarai Olduvai

Ngarai OlduvaiBritannica Ngarai Olduvai

Situs paleoantropologi ini terletak di Dataran Serengeti timur, di dalam Area Konservasi Ngorongoro di Tanzania bagian utara.

Ngarai Olduvai terbentuk sekitar 2,1 juta hingga 15.000 tahun yang lalu dan telah menghasilkan sisa-sisa fosil lebih dari 60 homini (nenek moyang manusia).

Selain itu, ngarai ini dikenal sebagai tempat yang menghasilkan berbagai penemuan bersejarah selama selama dua juta tahun terakhir.

Arkeolog dan paleoantropolog, Mary Leakey menemukan potongan tengkorak pada 1959 yang diyakini merupakan tengkorak Homo homini awal.

2. Thebes

ThebesBritannica Thebes

Thebes adalah salah satu kota kuno yang terkenal. Kota ini merupakan sisa-sisa dari dinasti ke-11 (2081–1939 SM) Mesir Kuno. Kota ini terletak di kedua sisi Sungai Nil di tempat yang sekarang menjadi negara Mesir modern.

Daerah Thebes terdapat situs arkeologi Luxor, Lembah Para Raja, Lembah Queens, dan Karnak. Selain itu juga terdapat kuil-kuil yang mengesankan, istana, dan makam kerajaan.

Melalui peniggalan ini mampu memberikan gambaran mengenai arsitektur, kebiasaan agama dan kehidupan pribadi sehari-hari di Mesir Kuno.

3. Leptis Magna

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.