Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal 7 Situs Arkeologi Peninggalan Peradaban Tertua di Afrika...

Kompas.com - 15/12/2018, 16:00 WIB
Aswab Nanda Prattama,
Bayu Galih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Benua Afrika dikenal sebagai wilayah yang memiliki padang pasir yang terdampar luas atau hewan endemik yang hidup secara bebas di savana.

Terlepas dari itu semua, Benua Afrika menyimpan banyak cerita sejarah. Peradaban kuno seperti Mesir berkembang dan melahirkan bangunan yang dianggap sebagai keajaiban dunia.

Selain Mesir, masih ada beberapa tempat lagi yang menyimpan nilai-nilai historis. Berikut tujuh tempat situs sejarah menakjubkan yang berada di Afrika:

1. Ngarai Olduvai

Ngarai OlduvaiBritannica Ngarai Olduvai

Situs paleoantropologi ini terletak di Dataran Serengeti timur, di dalam Area Konservasi Ngorongoro di Tanzania bagian utara.

Ngarai Olduvai terbentuk sekitar 2,1 juta hingga 15.000 tahun yang lalu dan telah menghasilkan sisa-sisa fosil lebih dari 60 homini (nenek moyang manusia).

Selain itu, ngarai ini dikenal sebagai tempat yang menghasilkan berbagai penemuan bersejarah selama selama dua juta tahun terakhir.

Arkeolog dan paleoantropolog, Mary Leakey menemukan potongan tengkorak pada 1959 yang diyakini merupakan tengkorak Homo homini awal.

2. Thebes

ThebesBritannica Thebes

Thebes adalah salah satu kota kuno yang terkenal. Kota ini merupakan sisa-sisa dari dinasti ke-11 (2081–1939 SM) Mesir Kuno. Kota ini terletak di kedua sisi Sungai Nil di tempat yang sekarang menjadi negara Mesir modern.

Daerah Thebes terdapat situs arkeologi Luxor, Lembah Para Raja, Lembah Queens, dan Karnak. Selain itu juga terdapat kuil-kuil yang mengesankan, istana, dan makam kerajaan.

Melalui peniggalan ini mampu memberikan gambaran mengenai arsitektur, kebiasaan agama dan kehidupan pribadi sehari-hari di Mesir Kuno.

3. Leptis Magna

Leptis MagnaBritannica Leptis Magna

Leptis Magna merupakan kota terbesar di kawasan Tripolitania. Kota ini terletak di pantai Mediterania yang sekarang berada pada barat Laut Libya. Peninggalan yang ada di kota ini adalah arsitektur Romawi terbaik di dunia.

Kota ini didirikan pada abad ke-7 SM oleh Phoenicians dan kemudian diselesaikan oleh Carthaginians, mungkin pada akhir abad ke-6 SM. Ini menjadi pusat perdagangan Mediterania dan trans-Sahara yang penting.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com