Bisa Setahun Hidup Tanpa "Smartphone"? Perusahaan Ini Siap Beri Rp 1,4 Miliar

Kompas.com - 14/12/2018, 16:06 WIB
Ilustrasi smartphoneShutterstock Ilustrasi smartphone

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Sebagian orang saat ini tidak bisa hidup tanpa ponsel pintar atau smartphone mereka. Bahkan sejak bangun tidur, alat komunikasi itu tak jarang menjadi yang pertama disentuh.

Namun, sebuah perusahaan minuman di Amerika Serikat ingin mengetahui apakah mungkin orang-orang seperti itu dapat meninggalkan ponsel mereka selama setahun.

Vitaminwater bersedia memberikan 100.000 dollar AS atau sekitar Rp 1,4 miliar bagi orang yang dapat menyelesaikan tantangan tidak menggunakan ponsel pintar selama satu tahun.

Baca juga: Ada UU Baru, Murid di Perancis Dilarang Bawa Smartphone ke Sekolah

Satu orang yang berhasil maka berhak memperoleh hadiah uang yang telah dijanjikan.

Diwartakan CNBC, Kamis (13/12/2018), peserta yang mengikuti kontes harus mendaftar melalui unggahan di Twitter atau Instagram dengan menyertakan tagar #nophoneforayear dan #contest.

Mereka yang ingin berpartisipasi harus menuliskan apa yang bakal dilakukan selama setahun tanpa menggunakan ponsel pintar. Batas waktu pendaftaran pada 8 Januari 2019.

Perusahaan akan memilih seorang kontestan sekitar 22 Januari 2018 dan memberikan sebuah ponsel era 1996.

Kontestan yang terpilih tidak diperbolehkan memakai smartphone atau tablet sama sekali, atau sekadar meminjam dari orang lain.

Namun, kontestan diizinkan menggunakan laptop atau komputer. Perangkat seperti Google Home dan Amazon Echo juga tidak dilarang.

Jika partisipan hanya mampu bertahan selama enam bulan, perusahaan akan memberikan 10.000 dollar AS atau sekitar Rp 145,8 juta.

"Kami pikir tidak ada yang lebih membosankan daripada tanpa memainkan ponsel Anda," kata Natalia Suarez, Associate Brand Manager Vitaminwater.

Baca juga: Jual Virus Smartphone Via Aplikasi Online, Bocah 13 Tahun Ditindak

"Ini adalah kesempatan untuk mengambil sikap terhadap rutinitas tersebut dan memberi seseorang 100.000 dollar untuk melakukan sesuatu yang unik serta mengagumkan dengan waktu mereka," ujarnya.

Berdasarkan Nielsen Total Audience Report 2018, orang berusia 18 hingga 34 tahun menghabiskan waktu 2,5 jam per hari untuk menikmati konten hiburan melalui smartphone.

Survei itu menunjukkan, 43 persen kaum milenial memeriksa ponsel mereka setidaknya tiap 20 menit sekali.

 




Close Ads X