Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/12/2018, 14:37 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

MADRID, KOMPAS.com - Perusahaan pembuat kapal milik negara Spanyol, Navantia, akan membuat lima unit kapal fregat untuk angkatan laut senilai 4,3 miliar euro (sekitar Rp 71 triliun).

Proyek pembuatan lima kapal fregat tersebut diyakini akan membuka hingga sekitar 7.000 lapangan pekerjaan.

Kapal fregat merupakan kapal berukuran sedang dengan bobot antara 1.100 hingga 2.800 ton.

Kementerian Urusan Regional Spanyol menyampaikan, pada Kamis (13/12/2018), bahwa kabinet telah memberikan lampu hijau untuk pembuatan kapal fregat F-110 di wilayah Galicia.

Baca juga: Bertemu MBS, Mantan Raja Spanyol Dikritik

"Kesepakatan tersebut membutuhkan investasi senilai 4,3 miliar euro, namun diharapkan bakal menciptakan hingga 7.000 pekerjaan," ujar kementerian mengutip pernyataan perwakilan pemerintahan pusat di Galicia, Javier Losada.

Kementerian tersebut merinci, lapangan pekerjaan yang tercipta meliputi setidaknya 1.300 pekerjaan yang berkaitan langsung dengan proyek, 2.000 pekerjaan dari industri terkait, serta 3.500 lapangan pekerjaan tak langsung.

"Akan ada nilai tambah langsung dan tidak langsung sebesar 5,4 miliar euro (sekitar Rp 89 triliun)," kata Losada seperti dikutip kementerian.

Proyek pembangunan kapal-kapal tersebut akan dibangun di kota industri, Ferrol, yang populasinya terus menyusut dan banyak bangunan yang ditinggalkan.

Lima kapal fregat tersebut akan menggantikan enam unit kapal fregat Santa Maria yang telah berusia 35 tahun. Demikian diberitakan AFP.

Baca juga: PM Spanyol: Batal Kirim Senjata ke Saudi Bisa Picu Pengangguran

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com