Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemilik Toko Hewan Selamatkan Rubah Perak yang Dikira Anjing Liar

Kompas.com - 14/12/2018, 12:11 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

XIAN, KOMPAS.com - Seorang pemilik toko hewan di Xian, China, tak menyangka dengan binatang yang dia selamatkan di mana dia sempat mengiranya sebagai anjing liar.

Diwartakan Thepaper.cn via SCMP Kamis (13/12/2018), pemilik bermarga Liu itu tak menyangka jika dia ternyata menyelamatkan seekor rubah perak.

Baca juga: Rubah dan Elang Botak Berebut Kelinci, Siapa Menang?

Liu mengatakan, awalnya seorang pelanggan memberitahunya bahwa ada anjing berwarna putih di depan tokonya pada malam hari Kamis pekan lalu (6/12/2018).

Karena saat itu tengah bersalju dan takut jika "anjing" itu membahayakan publik, Liu beserta stafnya menyelamatkan hewan itu.

Ketika mendekati hewan kecil itu, Liu mulai merasakan kenaehan setelah melihatnya. Sebab selain ekornya panjang dan gemuk, wajahnya runcing.

Dari situlah Liu paham kalau hewan yang coba dia selamatkan adalah seekor rubah. "Kami tak tahu harus berbuat apa. Jadi kami menyimpannya," ungkapnya.

Dalam video yang beredar terlihat rubah perak itu ditempatkan dalam salah satu kandang dengan mangkuk berisi makanan anjing.

Petugas dari biro kehutanan setempat yang datang mengonfirmasi hewan itu merupakan rubah perak, dan telah membawanya Senin (10/12/2018).

Rubah perak merupakan spesies yang sama dengan rubah merah pada umumnya. Namun warnanya yang khas disebabkan jumlah melatonin memengaruhi pigmentasi.

Kisah orang yang terluka karena diterkam anjing liar menjadi tajuk utama pemberitaan di China dalam beberapa tahun terakhir.

Anjing liar ditemui baik di kawasan perkotaan maupun pedesaan. Keberadaannya sering dianggap gangguan sekaligus bahaya bagi keselamatan publik.

Baca juga: Dikira Anjing, Wanita Ini Ternyata Memelihara Seekor Rubah

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com