Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menantu Trump Jadi Kandidat Kepala Staf Gedung Putih

Kompas.com - 14/12/2018, 11:15 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber AFP

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Menantu Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dilaporkan menjadi kandidat Kepala Staf Gedung Putih selanjutnya.

Huffington Post via AFP melaporkan Jumat (14/12/2018), Jared Kushner sudah bertemu dengan para petinggi Partai Republik untuk mendiskusikan pekerjaannya.

Baca juga: Menantu Trump Disebut Nasihati MBS Usai Kematian Khashoggi

Sekretaris Pers Gedung Putih Sarah Sanders menyatakan dia tidak mengetahui jika memang suami Ivanka Trump itu dipertimbangkan sebagai Kepala Staf.

"Namun sejauh yang saya yakini, dia bakal memberikan hasil yang bagus di manapun presiden menempatkannya," kata Sanders dalam konferensi pers.

Pria 37 tahun yang juga penasihat senior Gedung Putih itu merupakan sosok kunci negosiasi dengan Kanada dan Meksiko terkait pakta perdagangan bebas.

Dia juga memimpin upaya perumusan rencana perdamaian di Timur Tengah yang rencananya bakal diumumkan pada awal 2019 mendatang.

Kushner juga mempunyai hubungan dekat dengan Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman (MBS) yang sedang disorot atas kasus pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi.

Namun, jika benar disahkan menjadi kepala staf, maka Trump bakal melakukan nepotisme. Apalagi, Kushner tak punya pengalaman cukup di pemerintahan.

Kushner meninggalkan real estate di New York setelah mertuanya terpilih sebagai presiden ke-45 AS pada November 2016 lalu.

Pencarian Trump terjadi setelah mengumumkan Kepala Stat Gedung Putih saat ini John Kelly bakal meninggalkan posnya di akhir tahun.

Awalnya Kepala Staf Wakil Presiden Mike Pence, Nick Ayres, menjadi kandidat utama. Namun secara mengejutkan Ayres memilih meninggalkan jabatannya.

Kepala Freedom Caucus House of Representatives Mark Meadows masuk dalam bursa sebelum dia juga memutuskan untuk menarik diri.

Baca juga: Menantu Trump Kini Tak Bisa Akses Informasi Amat Rahasia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com