Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seorang Demonstran Rompi Kuning di Perancis Tewas Tertabrak Truk

Kompas.com - 13/12/2018, 20:36 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

AVIGNON, KOMPAS.com - Seorang peserta demonstrasi rompi kuning di Perancis tewas tertabrak truk pada Rabu (12/12/2018) malam.

Dilansir dari AFP, insiden tersebut terjadi di ruas jalan memutar di dekat pintu keluar jalan raya di Kota Avignon.

Kabar kecelakaan yang menewaskan seorang demonstran itu dibenarkan oleh pihak kejaksaan kota dan menyebut sopir truk yang berkewarganegaraan Polandia telah ditahan.

"Sopir truk itu telah ditahan. Sementara korban diketahui berusia 23 tahun," kata Deputi Jaksa untuk Avignon, Caroline Armand, dalam pernyataannya yang disiarkan saluran berita Perancis, LCI.

Informasi lebih rinci mengenai insiden ini, termasuk identitas lengkap korban tidak diungkapkan.

Baca juga: Perancis Desak Massa Rompi Kuning Tunda Demonstrasi

Korban dalam kecelakaan kali ini disebut menjadi korban keenam yang tewas selama berlangsungnya aksi unjuk rasa anti-pemerintah yang telah berlangsung di Perancis selama lebih dari empat pekan.

Seluruh korban disebut tewas dalam kecelakaan.

Korban tewas pertama dalam unjuk rasa diketahui adalah seorang demonstran di wilayah Savoie akibat tertabrak mobil.

Dua hari berselang, seorang pengendara motor tertabrak mobil van yang diduga berusaha menghindari massa demonstran. Korban meninggal sehari kemudian.

Korban tewas lainnya akibat mobil yang menabrak yang diparkir oleh massa demontran untuk memblokade jalan di Arles, Perancis selatan.

Seorang korban lainnya, wanita berusia 80 tahun yang diduga terluka oleh granat gas air mata yang ditembakkan petugas keamanan saat aksi di Marseille. Dia meninggal keesokan harinya.

Demonstrasi yang berawal dari aksi memprotes rencana kenaikan pajak bahan bakar di Perancis itu bermula sejak 17 November lalu, dengan para peserta aksi mengenakan rompi kuning sebagai identitas.

Namun aksi protes yang diprakarsai gerakan gilets jaunes atau rompi kuning itu telah meluas menjadi gerakan massa yang menuntut di antaranya kenaikan gaji, penurunan pajak, peningkatan uang pensiun, serta syarat untuk memasuki universitas yang dipermudah.

Baca juga: Berfoto Pakai Rompi Kuning, Seorang Pengacara Mesir Ditahan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com