Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kereta Cepat Tabrak Lokomotif di Turki, Sembilan Orang Tewas

Kompas.com - 13/12/2018, 17:34 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

ANKARA, KOMPAS.com - Setidaknya sembilan orang tewas dan hampir 50 lainnya luka-luka akibat kecelakaan yang melibatkan kereta cepat dan sebuah lokomotif di Turki, Kamis (13/12/2018).

Insiden terjadi sekitar pukul 06.30 pagi waktu setempat, sesaat setelah kereta cepat meninggalkan stasiun utama di Ankara untuk menuju provinsi Konya.

Diberitakan harian Hurriyet Daily, kereta cepat itu membawa sebanyak 206 penumpang.

Dalam perjalanan, kereta cepat tersebut menghantam lokomotif yang sedang bertugas memeriksa rel pada rute yang sama.

Menteri Transportasi Turki, Cahit Turhan menyampaikan, tiga dari korban tewas merupakan operator kereta, dengan satu di antaranya meninggal di rumah sakit.

"Jumlah korban luka sebanyak 47 orang dan mereka telah mendapat perawatan di rumah sakit," kata Turhan, dilansir AFP.

Baca juga: Ini Lintasan Kereta Barang Terpanjang di Dunia, dari China hingga Eropa...

Ditambahkan Turhan, kecelakan terjadi hanya berselang sekitar enam menit setelah kereta cepat meninggalkan stasiun Ankara dan akan memasuki stasiun Marsandiz.

Disampaikan kantor berita Ankara, jumlah korban meningkat cepat setelah awalnya diumumkan empat orang tewas dan tiga di antara korban luka dalam kondisi kritis.

"Kecelakaan pada pagi ini terjadi setelah pukul 06.30 pagi di mana kereta cepat yang menuju Konya bertabrakan dengan lokomotif yang sedang bertugas memeriksa rute yang sama," kata Gubernur Ankara, Vasip Sahin.

Sahin menambahkan, upaya pencarian dan penyelamatan penumpang langsung dijalankan di lokasi kecelakaan, sementara proses penyelidikan teknis sedang dilakukan untuk mencari tahu penyebab kecelakaan yang terjadi di distrik Yenimahalle itu.

"Informasi tentang penyebab kecelakaan akan langsung kami sampaikan kepada publik begitu kami mengetahuinya," ujar Sahin.

"Kami mengharapkan jumlah korban tidak akan bertambah," lanjutnya.

Foto-foto yang diterbitkan media di Turki menampilkan sejumlah gerbong kereta yang keluar lintasan dengan puing-puing tersebar di sekitar rel yang tertutup salju.

Rangkaian gerbong kereta cepat yang mengalami kecelakaan sebagian keluar jalur dan menabrak tiang penyangga jembatan penyeberangan.

Kereta cepat Turki jurusan Ankara menuju Konya pertama kali diresmikan pada 2011. Rute kereta cepat kemudian ditambah dengan Ankara menuju Istanbul pada 2014.

Baca juga: Tim Survei Rel Kereta Api Korea Selatan Tiba di Perbatasan Korut-China

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com