Kompas.com - 13/12/2018, 17:17 WIB

TIJUANA, KOMPAS.com - Dua kelompok migran asal Amerika Tengah melakukan aksi unjuk rasa di Konsulat Amerika Serikat di Tijuana, Meksiko, untuk menyerukan sejumlah tuntutan.

Salah satu kelompok bahkan memberikan ultimatum kepada pemerintahan Presiden Donald Trump, yaitu membiarkan mereka masuk atau memberikan mereka masing-masing 50.000 dollar AS Rp 724,9 juta untuk kembali pulang.

Diwartakan Fox News, Rabu (12/12/2018), seorang pengurus unjuk rasa, Alfonso Guerreo Ulloa, mengatakan jumlah tersebut diajukan satu kelompok di antara sekitar 100 orang yang tiba di konsulat sekitar pukul 11.00.

Baca juga: Usir Karavan Migran, Warga Kota di Meksiko Bentrok dengan Polisi

"Uang tersebut mungkin tampak seperti banyak bagi Anda," katanya.

"Tapi itu adalah jumlah yang kecil dibandingkan dengan semua yang telah dicuri Amerika Serikat dari Honduras," imbuhnya.

Dia mengatakan, uang tersebut nantinya akan mendorong migran untuk pulang ke rumah dan memulai bisnis kecil.

Sebuah surat dari kelompok itu juga mengkritik intervensi AS di Amerika Tengah.

Kemudian, mereka meminta AS untuk membuat Presiden Honduras Orlando Hernandez mundur dari jabatannya. Mereka memberi waktu kepada konsulat AS selama 72 jam untuk menanggapi.

"Sementara itu, keluarga, perempuan dan anak-anak yang telah melarikan diri dari negara kami terus menderita dan masyarakat sipil Tijuana terus dipaksa menghadapi krisis kemanusiaan," tulis surat yang diberikan oleh kelompok migran kedua.

"Krisis pengungsi sebagian besar disebabkan oleh beberapa dekade intervensi AS di Amerika Tengah," lanjutnya.

Halaman:
Sumber Fox News
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.