Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden Venezuela Tuduh AS Berencana Membunuh Dirinya

Kompas.com - 13/12/2018, 10:48 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber AFP

CARACAS, KOMPAS.com - Presiden Venezuela Nicolas Maduro menuduh Amerika Serikat (AS) berusaha untuk membunuhnya dengan bantuan Kolombia dan Brasil.

Kepada koresponden luar negeri seperti dikutip AFP Rabu (12/12/2018), Maduro berujar dia punya informasi bagus plot itu dilakukan Penasihat Keamanan Nasional AS John Bolton.

Baca juga: Terkena PHK, Karyawan Goodyear Venezuela Dapat Pesangon 10 Ban

Bolton, kata Maduro, bakal mengerahkan militer dengan misi untuk membuat keributan di perbatasan dengan tujuan menggulingkan pemerintahan sosialisnya.

Berdasarkan informasi yang didapatnya, Bolton bakal memberi kekacauan dengan tujuan agar militer asing bisa mengintervensi dan menciptakan kudeta.

Kemudian jika kudeta tersebut berhasil, Maduro berujar kekuatan asing itu bakal menerapkan apa yang mereka sebuah dewan pemerintahan transisi.

"Sekali lagi saya mengecam plot yang dipersiapkan Gedung Putih untuk membunuh saya, melanggar demokrasi Venezuela, dan memaksakan pemerintahan diktator di sini," tutur Maduro.

Pasukan yang dipersiapkan untuk melakukan misi kekacauan tersebut, ujar Maduro, tengah menjalani pelatihan di AS dan Kolombia.

Pernyataan Maduro merupakan respon dari kritikan yang dilontarkan Presiden AS Donald Trump dan koleganya, Presiden Kolombia Ivan Duque.

Bahkan pada Oktober, Trump mengisyaratkan bakal mengerahkan kekuatan militer untuk mengatasi krisis ekonomi yang sedang terjadi di Venezuela.

Meski menyatakan kudeta itu bakal dibantu Brasil, Maduro menyatakan Negeri "Samba" tidak akan bisa bersitegang dengan rakyat Venezuela.

"Militer Brasil menginginkan perdamaian. Tentunya tidak akan ada orang di sana yang ingin menghadapi rakyat kami," klaim Maduro.

Bolton dan presiden terpilih Brasil Jair Bolsonaro bertemu di Rio de Janeiro November lalu. Pertemuan pertama jelang pelantikan Bolsonaro pada 1 Januari 2019.

Baca juga: Rusia Terbangkan Dua Pesawat Pengebom ke Venezuela

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com