Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Khashoggi dan Jurnalis Lainnya Terpilih Jadi "Person of the Year" 2018

Kompas.com - 11/12/2018, 21:02 WIB
Veronika Yasinta

Penulis

Sumber Time,Today

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Jurnalis Arab Saudi Jamal Khashoggi dan sejumlah wartawan lainnya terpilih sebagai "Person of the Year" 2018 versi majalah Time.

Kelompok jurnalis yang dinobatkan sebagai orang atau kelompok paling berpengaruh di dunia itu disebut Time sebagai "The Guardians and the War on Truth".

Khashoggi merupakan kolumnis Washington Post yang dibunuh di konsulat Saudi di Istanbul, Turki, pada 2 Oktober lalu.

Bergabung dengan Khashoggi, jurnalis lain yang dinobatkan sebagai Person of the Year adalah dua wartawan Reuters Wa Lone dan Kyaw Soe Oo yang ditahan pada tahun lalu di Myanmar.

Baca juga: Turki Bahas Kemungkinan Investigasi PBB atas Kasus Kematian Khashoggi

Keduanya ditangkap ketika sedang menyusun laporan tentang pembunuhan terhadap warga etnis Rohingya.

Time juga memasukkan pimpinan situs berita Filipina, Rapple, Maria Ressa.

Rapple melaporkan kekerasan terhadap pemberantasan narkoba yang dilakukan oleh Presiden Rodrigo Duterte. Operasi tersebut menewaskan sekitar 12.000 orang.

Pada November lalu, pemerintah menuduh situs itu melakukan penipuan pajak, sebuah tudingan yang dapat mengirim Ressa ke penjara hingga 10 tahun.

Selain itu, surat kabar the Capital yang diterbitkan oleh Capital Gazette Communications diserang oleh penembak pada saat rapat redaksi sore sedang berlangsung.

Sebanyak lima orang tewas ditembak ketika berada di newsroom pada 28 Juni lalu. Insiden tersebut terus mengingatkan bahwa penembakan massal merupakan masalah serius di Amerika Serikat.

"Pada 2018, jurnalis mencatat apa yang dikatakan orang, dan apa yang dilakukan orang. Ketika dua hal itu berbeda, mereka juga memperhatikan itu," tulis Time.

"Tahun ini tidak membawa perubahan besar dalam apa yang mereka lakukan atau bagaimana mereka melakukannya. Yang berubah adalah seberapa pentingnya hal itu," lanjut Time.

Pemilihan kelompok jurnalis ini sebagai Person of the Year sebagai wujud perwakilan atas pertarungan harus dihadapi wartawan di seluruh dunia, di mana 52 jurnalis terbunuh sepanjang tahun ini.

Baca juga: Jamal Khashoggi dan Meghan Markle Masuk Nominasi Person of the Year

"Hingga 10 Desember, sedikitnya 52 jurnalis terbunuh pada 2018. Mereka mempertaruhkan semuanya untuk mengabarkan berita tentang masa kita," tulis pemimpin redaksi Time, Edward Felsenthal.

Khashoggi dan para jurnalis berhasil mengalahkan nominator lain pada tahun ini, seperti Meghan Markle, Sutradara Black Panther Ryan Coogler, Presiden Korea Selatan Moon Jae-in, dan sebagainya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Time,Today
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com