Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sopir Taksi Kembalikan Uang Tunai Rp 146 Juta Milik Penumpangnya

Kompas.com - 11/12/2018, 15:19 WIB
Ervan Hardoko

Penulis

Sumber Daily Mail

BANGKOK, KOMPAS.com - Kisah soal kejujuran selalu menarik untuk dibagikan, kali ini cerita itu datang dari Thailand.

Ceritanya berawal ketika Jerry Hart (47), turis asal Amerika Serikat, menggunakan sebuah taksi untuk menuju ke bandara Suvarnabhumi, Bangkok, Selasa (11/12/2018) pagi.

Jerry harus mengejar pesawat untuk kembali ke AS. Namun, dia terpaksa membatalkan penerbangannya setelah menyadari tas kecil miliknya hilang.

Baca juga: Penyapu Jalan Ini Tuai Pujian karena Kembalikan Uang Rp 330 Juta

Jerry pun panik karena di dalam tas itu terdapat uang tunai yang tak sedikit yaitu 10.000 dollar AS atau sekitar Rp 146 juta.

Jerry kemudian melaporkan kehilangannya itu ke kepolisian setempat dan menghabiskan beberapa jam untuk mencari keberadaan uang tersebut.

Di tempat lain, Veeraphol Khamsiri (57) amat terkejut ketika menemukan tas berisi uang tunai di kursi belakang taksi yang dikemudikannya.

Jumlah uang yang ditemukan Veraphol memang amat banyak tetapi kejujuran menuntun pengemudi taksi itu untuk melaporkan temuannya ke kantor polisi.

Setelah mendapatkan informasi soal pemilik uang itu, polisi kemudian menemani Veraphol menuju ke bandara Suwarnabhumi untuk mengembalikan uang tersebut.

"Saya amat bahagia. Saya tak memercayai keberuntungan saya. Saya sudah yakin tidak akan menemukan uang itu," ujar Jerry setelah menerima uangnya.

"Saya amat berterima kasih kepada pengemudi taksi yang jujur ini. Saya sudah ke Thailand beberapa kali dan mempertimbangkan untuk pensiun di negara ini," kata Jerry.

Pengalamannya ini, lanjut Jerry, semakin memantapkan dirinya untuk kembali dan menetap di Thailand.

Sementara itu, Veraphol mengatakan, usai mengantar Jerry ke bandara, dia mendapatkan satu orang penumpang lagi.

Ajaibnya, penumpang kedua itu tidak melihat keberadaan tas kecil berisi uang milik Jerry tersebut.

Barulah saat Veraphol pulang ke kediamannya dan membersihkan mobil dia menemukan tas itu di lantai mobil di bawah kursi depan.

"Saya belum pernah melihat uang sebanyak itu seumur hidup. Saya panik, karena uang itu adalah milik turis yang saya antar ke bandara," ujar Veraphol.

"Saya melaporkan temuan itu lewat radio dan kemudian kembali ke bandara untuk melapor ke polisi," tambah dia.

Baca juga: Seorang PNS Kembalikan Uang Rp 86,2 Juta yang Ditemukannya di Jalan

Direktur bandara Suwarnabhumi, Kittipong Kittikachorn memuji kejujuran sang pengemudi taksi dan staf bandara karena membantu Jerry yang tengah kebingungan.

"Turis bisa merasa aman jika barang mereka yang tertinggal diurus dengan baik dan bisa ditemukan kembali," ujar Kittipong.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Daily Mail
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com