Kompas.com - 11/12/2018, 09:19 WIB

KOMPAS.com - Kapal pada dasarnya merupakan moda transportasi air yang digunakan untuk mengangkut orang atau barang. Alat transportasi ini menjadi solusi terbaik ketika teknologi pesawat terbang belum ditemukan.

Namun, menjadi hal unik ketika kapal-kapal untuk transportasi itu digunakan sebagai wahana untuk balapan. Seakan tak mau kalah dengan balap mobil di darat era 1860-an, kapal-kapal tersebut juga melaju kencang di lautan.

Hari ini 152 tahun yang lalu, tepatnya pada 11 Desember 1866 perlombaan kapal pesiar pertama dilaksanakan di Samudra Atlantik.

Kondisi cuaca dengan angin kencang di wilayah Amerika Serikat membuat segelincir orang memberanikan diri untuk menguji kapalnya pada batas maksimal kecepatan. Atlantik menjadi saksi balapan pertama di lautan.

Dilansir dari The Guardian, Manhattan di New York, AS menjadi tempat berkumpulnya para petarung kecepatan. Ketika itu sekelompok saudagar kaya berkumpul dan mengadakan perbincangan terkait lomba. Mereka adalah Pierre Lorillard, George Osgood dan James Gordon Bennett.

Ketiganya berkumpul untuk minum dan bercerita mengenai pekerjaannya yang terasa sangat membosankan. Apalagi, cuaca yang kurang bersahabat dengan angin kencang membuat mereka merasa tak bergairah.

Kemewahan yang didapat dari ketiga orang itu dianggap tak lagi memberikan makna. Gordon Bennet akhirnya memulai cerita tentang sejarah pelayaran di dunia dan pencapaian para penjelajah ke berbagai tempat.

Cerita itu membuat mereka menyepakati untuk melakukan balapan di kemudian hari.

Balapan dimulai

Bennet sebagai orang yang bercerita dan mencetuskan ide balapan di laut pun ikut andil dalam balapan itu. Bennet satu-satunya saudagar yang secara pribadi terjun langsung dalam balapan.

Pada 11 Desember 1866, tiga kapal yaitu Henrietta, Fleetwing, dan Vesta berkumpul di Sandy Hook dengan sorak-sorai penuh semangat dari penonton yang berkumpul di New York. Para penonton mulai memadati lokasi perlombaan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.