Kompas.com - 11/12/2018, 07:32 WIB

PARIS, KOMPAS.com - Presiden Perancis Emmanuel Macron mengumumkan serangkaian kebijakannya untuk meredam pergerakan Gilets Jaunes (Rompi Kuning).

Dalam pidatonya selama 15 menit dari Istana Elysee, Macron mengumumkan antara lain mengumumkan kenaikan upah minimum pada tahun depan.

Diwartakan AFP Senin (10/12/2018), pendapatan minimal Perancis adalah 1.498 euro (Rp 24,7 juta) per bulan sebelum pajak, dan 1.185 euro (Rp 19,5 juta) setelah dipotong pajak.

Baca juga: Rusia Bantah Terlibat dalam Aksi Unjuk Rasa Rompi Kuning di Perancis

Pernyataan itu merupakan langkah besar karena sebelumnya pemerintahannya sempat mengatakan peningkatan gaji minimum bisa menghancurkan lapangan pekerjaan.

Macron mendesak para pengusaha yang "mampu" untuk memberikan para pegawainya bonus akhir tahun tanpa dikenai pajak.

Upaya lain untuk meredam pergerakan rompi kuning itu adalah menghapus seluruh pajak pendapatan untuk pegawai yang lembur.

Kebijakan itu sempat diterapkan di era Presiden Nicolas Sarkozy sebelum dihapus pada pemerintahan Presiden Francois Hollande karena dianggap terlalu mahal.

Dalam pidatonya, Macron yang menggunakan nada lebih tenang berkata dia menerima tanggung jawab yang diberikan kepadanya.

"Saya tahu bahwa saya telah menyakiti beberapa dari Anda dengan setiap perkataan saya," tutur presiden berusia 40 tahun tersebut.

Menteri Pemerintahan Olivier Dussopt kepada BFMTV menyatakan kebijakan itu bakal menghabiskan dana hingga 10 miliar poundsterling, atau Rp 182,8 triliun.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Sumber BBC,AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.