Kompas.com - 10/12/2018, 21:38 WIB

MOSKWA, KOMPAS.com - Pemerintah Rusia dengan tegas membantah tuduhan yang menyebut mereka telah terlibat dalam aksi protes yang dilakukan massa Gilets Jaunes atau rompi kuning di Perancis.

Tuduhan tersebut pertama dilaporkan media Inggris, The Times, pada Sabtu (8/12/2018), yang menyebut ratusan akun media sosial yang berkaitan dengan Rusia telah turut berusaha "memperkuat" aksi protes.

Akun-akun tersebut disebut telah turut mengunggah foto-foto yang menunjukkan para demonstran yang terluka.

Sebuah analisis dari sebuah perusahaan keamanan siber bahkan menyebut foto-foto tersebut tidak diambil di Perancis, melainkan saat kerusuhan lain.

Sumber dari otoritas Perancis, pada Minggu (9/12/2018), menyebut investigasi akan dilakukan terhadap laporan tersebut, namun menegaskan masih terlalu dini untuk mengomentari tuduhan keterlibatan Rusia.

Baca juga: Rusia Diduga Terlibat dalam Unjuk Rasa Rompi Kuning

Sementara, juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov, pada Senin (10/12/2018), menyampaikan kepada wartawan, bahwa Moskwa tidak terlibat dan menganggap semua yang terjadi di Paris adalah urusan dalam negeri Perancis.

"Kami tidak ikut campur dan tidak berencana untuk ikut campur dalam urusan domestik negara manapun termasuk Prancis," kata Peskov menanggapi tuduhan yang beredar.

"Laporan yang menyebutkan sebaliknya hanyalah fitnah belaka," tambahnya.

Diberitakan sebelumnya, Aliansi untuk Pengamanan Demokrasi (Alliance for Securing Democracy) menyatakan, ada 600 akun Twitter yang dikenal pro-Rusia mulai fokus ke Perancis dengan tagar #giletsjaunes.

Analis aliansi, Bret Schafer menjelaskan, akun Twitter tersebut biasanya memantau perkembangan di Amerika Serikat (AS) dan Inggris.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.