Kompas.com - 10/12/2018, 18:39 WIB

FRIEDBERG, KOMPAS.com - Sebuah kota di Jerman yang memiliki hubungan sejarah dengan musisi rock and roll, Elvis Presley, memilih cara yang unik untuk menunjukkan penghormatan sekaligus mengenang penyanyi legendaris itu.

Tiga buah lampu rambu pejalan kaki di simpang Elvis Presley Square di Kota Friedberg, dipasang siluet Sang Raja Rock and Roll, sejak Rabu pekan lalu.

Saat lampu menyala merah, tanda pejalan kaki harus berhenti, maka akan terlihat siluet Elvis Presley yang sedang memegang mik.

Sementara setelah lampu menyala hijau, terlihat siluet Elvis dengan gaya menarinya yang khas, yakni kedua telapak kaki jinjit dan satu tangan yang diangkat.

Baca juga: Biografi Tokoh Dunia: Elvis Presley, King of Rock n Roll

Disampaikan politisi lokal, Marion Gotz, dari Partai Demokratik Sosial (SPD), pemasangan lampu rambu pejalan kaki itu bertujuan untuk menambah daya tarik kota bagi wisatawan.

"Untuk memasang lampu-lampu tersebut kota telah membayar sekitar 900 euro (sekitar Rp 14 juta)," kata Gotz kepada surat kabar lokal Wetterauer Zeitung.

Kota Friedberg yang berada di dekat Frankfurt, memiliki sejarah yang erat dengan sosok Sang Raja Rock and Roll.

Di kota berpenduduk 28.000 jiwa itu, Elvis pernah ditempatkan selama dia bergabung dengan Angkatan Darat AS. Kota tersebut terletak sekitar 26 kilometer arah utara Frankfurt, di Hesse.

Selama ditempatkan di kota itu antara Oktober 1958 hingga Maret 1960, Elvis tinggal di dekat Bad Bauheim.

Di Friedberg pula, Elvis bertemu dengan Priscilla Beaulieu, yang kemudian menjadi istrinya setelah menjalin hubungan selama tujuh tahun.

Pemasangan lampu rambu pejalan kaki ala Elvis Presley itu bertujuan agar warga tidak melupakan sosok penyanyi yang meninggal pada 1977 itu, dan menjaga sejarah hubungannya dengan kota tersebut.

Menurut Gotz, dibutuhkan waktu selama tiga bulan bagi kepolisian kota untuk memberi izin perubahan lampu rambu pejalan kaki itu. Demikian dilansir dari media Jerman, Deutsche Welle.

Baca juga: Rumah Masa Kecil Elvis Presley Akan Dilelang Secara Online

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.