Kompas.com - 10/12/2018, 11:31 WIB

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menyetujui permintaan anggaran militer dari Kementerian Pertahanan.

Dilaporkan CNN Minggu (9/12/2018), Pentagon meminta anggaran 750 miliar dollar AS, sekitar Rp 10.887 triliun, untuk tahun fiskal yang akan datang.

Pejabat anonim AS menyatakan Trump sepakat setelah bertemu dengan Menteri Pertahanan James Mattis dan Ketua Komite Senjata Senat, Senator Mac Thornberry dan Senator James Inhofe.

Baca juga: Inilah 5 Negara dengan Anggaran Militer Paling Kecil di Dunia

Dalam pertemuan tersebut, presiden berusia 72 tahun itu begitu mendukung kebijakan Strategi Pertahanan Nasional dan upaya untuk terus membangun militer AS.

"Dengan bantuan Senator Inhofe dan Ketua Thornberry, Presiden Trump sepakat untuk menganggarkan 750 miliar dollar untuk pertahanan," kata pejabat itu.

Pertemuan yang berlangsung Selasa pekan lalu (4/12/2018) terjadi setelah Trump berencana untuk memotong lima persen anggaran pertahanan.

Dari 716 miliar dollar AS (Rp 10.399 triliun) untuk 2019, jumlahnya bakal menyusut menjadi 700 miliar dollar (Rp 10.167 triliun) pada 2020.

Pemotongan itu sebagai bagian dari upaya pemerintah untuk menanggulangi defisit. Sementara Pentagon merencanakan 733 miliar dollar AS (Rp 10.654 triliun) untuk 2020.

Dalam penjelasan pejabat anonim AS, Trump mendapat penjelasan jika menurunkan anggaran belanja militer di bawah 733 miliar dollar AS bakal menjadi "bencana" dan "berisiko"

Kabar tersebut berbanding terbalik dengan apa yang Trump ucapkan di Twitter sehari sebelum pertemuan itu berlangsung.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.