Kompas.com - 10/12/2018, 06:26 WIB

PARIS, KOMPAS.comPerancis dilaporkan bakal menggelar penyelidikan terkait keterlibatan Rusia dalam demonstrasi Gilets Jaunes (Rompi Kuning).

Penyelidikan dilakukan setelah akun media sosial yang diduga berhubungan dengan Moskwa menargetkan pergerakan itu mengalami peningkatan.

Baca juga: Unjuk Rasa Rompi Kuning, Polisi Perancis Tangkap 1.723 Orang

Alliance for Securing Democracy, dikutip dari Bloomberg pada Minggu (9/12/2018), menyatakan, ada 600 akun Twitter yang dikenal pro-Rusia mulai fokus ke Perancis dengan tagar #giletsjaunes.

Analis Alliance Bret Schafer menjelaskan, akun Twitter tersebut biasanya memantau perkembangan di Amerika Serikat (AS) dan Inggris.

Namun, kata Schafer, kabar tentang unjuk rasa rompi kuning sudah atau hampir berada di puncak dalam satu pekan terakhir.

"Terdapat indikasi kuat bahwa mereka tertarik dengan konflik dan berupaya memperkuatnya bagi para penonton di luar Perancis," kata Schafer.

Menteri Luar Negeri Jean-Yves Le Drian dalam wawancaranya dengan radio RTL menjelaskan dia sudah diberi tahu tentang kabar tersebut.

Le Drian menuturkan saat ini aparat penegak hukum sudah memulai investigasi. "Saya tak akan berkomentar hingga mereka selesai menuntaskan penyelidikan," tegasnya.

Bloomberg melaporkan, Rusia sudah disorot setelah tuduhan mereka melakukan intervensi dalam pemilihan presiden AS pada 2016.

Pergerakan yang awalnya menentang kenaikan harga bahan bakar pada 17 November itu berubah menjadi keluhan akan berbagai isu seperti tuntutan kenaikan gaji.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Sumber Bloomberg
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.