Saat Belut Tersangkut di Hidung Anjing Laut Hawaiian Monk - Kompas.com

Saat Belut Tersangkut di Hidung Anjing Laut Hawaiian Monk

Kompas.com - 07/12/2018, 19:16 WIB
Sebuah belut tersangkut di hidung anjing laut di Hawaii.Hawaiian Monk Seal Research Program Sebuah belut tersangkut di hidung anjing laut di Hawaii.

HAWAII, KOMPAS.com - Satwa yang hidup di alam liar tak hanya terkendala sampah plastik, tapi juga satwa lain. Anjing laut berjenis hawaiian monk ini diketahui sedang tersumbat belut hidungnya.

Dilansir dari The Guardian, pihak organisasi penyelamatan hidup anjing laut, Hawaiian Monk Seal Research Program (HMSRP) mendapatkan tantangan baru dalam menolong hewan langka ini.

Perlu diketahui, anjing laut hawaiian monk adalah endemik Hawaii dan terdaftar di AS sebagai spesies yang terancam punah. Saat ini ada 1.400 anjing laut jenis ini yang masih tersisa.

Hawaiian Monk Seal Research Program divisi National Ocean and Athmospheric Administration (NOAA) merilis foto yang menampilkan anjing laut itu sedang menyipitkan matanya dan ada belut bermotif polkadot tersangkut di hidungnya.

Menurut pihak HMSRP, kejadian belut tersangkut di hidung anjing laut jarang terjadi sebelumnya.

Namun, dalam kurun waktu dua tahun terakhir, organisasi itu kerap menemukan insiden ini. Hal ini yang juga membuat peneliti HMSRP menjadi kebingungan.

"Kami telah memantau anjing laut hawaiian monk secara intensif selama empat dekade. Selama ini tidak ada kejadian yang terjadi seperti ini," ujar peneliti utama HMSRP, Charles Littnan.

"Sekarang, kejadian ini terjadi hingga tiga sampai empat kali. Kami tidak tahu apa penyebabnya," ujar Littnan.

Pada musim panas 2016, para peneliti pertama kali melihat anjing laut yang alami sumbatan belut di hidung.

Kemudian, pihak HMSRP mengirimkan kejadian belut tersangkut ini ke beberapa rekan mereka, namun ada yang mengira hal tersebut merupakan lelucon.

Sejak itu, ada cukup waktu bagi HMSRP untuk mengembangkan pedoman tentang cara membuang belut.

" Belut itu terjebak di dalam hidung dan benar-benar sulit dilepas, sehingga Anda harus memegang anjing laut dan memberikan dorongan kuat untuk bisa mengeluarkan belut," ujar Littnan.

Ia juga memperagakan untuk menarik belut itu seperti trik sapu tangan pesulap yang harus terus ditarik.

Fenomena ini dapat menyebabkan masalah bagi anjing laut, seperti infeksi, menurunnya kemampuan mereka untuk menyelam, dan mencari mangsa.

Ketika mencari mangsa, anjing laut biasanya menyelam ke dalam air dan menutup lubang hidung mereka. Proses ini akan terhambat ketika ada sesuatu yang menyumbat di hidung mereka.

Penyebab

Para peneliti masih mencoba untuk memastikan penyebab masuknya belut ke hidung anjing laut.

Teori pertama mengungkapkan, anjing laut sering memuntahkan makanan mereka, dan langsung melempar belut melalui hidung mereka.

Teori kedua, seekor belut terkejut dan terjebak di hidung ketika mencoba melarikan diri dari anjing laut, dikarenakan anjing laut adalah predator yang mencari makanan di bawah batu.


Terkini Lainnya


Close Ads X