Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pentagon Perpanjang Misi Tentara di Perbatasan Meksiko hingga Akhir Januari 2019

Kompas.com - 07/12/2018, 14:47 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

WASHINGTON, KOMPAS.com - Departemen Pertahanan AS memperpanjang misi penempatan tentara di perbatasan Amerika-Meksiko hingga akhir Januari.

Pentagon telah mengerahkan sekitar 5.600 pasukan ke perbatasan AS dengan Meksiko di California, Arizona, dan Texas, untuk membantu menghalau karavan migran.

Misi penempatan tersebut sedianya sudah akan berakhir pada 15 Desember.

Namun atas permintaan Departemen Keamanan Dalam Negeri, Menteri Pertahanan James Mattis, pada Selasa (5/12/2018), memperpanjang misi tersebut hingga akhir Januari 2019.

Sebagian besar pasukan yang dikirim ke perbatasan tidak dipersenjatai dan bertugas untuk mendukung lembaga sipil, termasuk Keamanan Dalam Negeri serta Badan Bea Cukai dan Perlindungan Perbatasan.

Baca juga: Kerusuhan di Perbatasan AS, 42 Migran Ditahan

Pasukan tersebut telah membantu petugas perbatasan dalam menutup penyeberangan di Tijuana, Meksiko.

Pekan lalu, Mattis mengatakan bahwa sebagian besar pasukan telah menyelesaikan tugas-tugas mereka di perbatasan, di antaranya pemasangan kawat berduri, penghalang beton, dan menguatkan tembok penghalang di titik-titik di perbatasan.

"Perpanjangan misi kali ini akan mengakibatkan penggunaan anggaran militer sekitar 72 juta dollar AS (sekitar Rp 1 triliun) lebih banyak dari 138 juta dollar AS (sekitar Rp 1,9 triliun) yang sudah digunakan sebelum 15 Desember," tambah Mattis.

Presiden Donald Trump telah memerintahkan penempatan pasukan ke perbatasan negara dengan Meksiko, sebelum digelarnya pemilu paruh waktu.

Misi tersebut menyusul karavan migran, sebagian besar dari Honduras, yang bergerak menuju perbatasan AS melalui Meksiko.

Pengumuman perpanjangan misi penempatan di perbatasan oleh Mattis itu tidak menyebutkan jumlah pasukan yang akan tetap berada di perbatasan setelah 15 Desember atau apakah akan ada pasukan baru yang didatangkan dan menggantikan pasukan yang ada saat ini.

Baca juga: Kerusuhan di Perbatasan AS-Meksiko, Polisi Tembakkan Gas Air Mata

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com