Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Spesies Baru Dinosaurus Prasejarah Ditemukan, Ukurannya Sebesar Anjing

Kompas.com - 06/12/2018, 11:00 WIB
Gloria Setyvani Putri

Editor

KOMPAS.com - Weewarrasauras pobeni adalah dinosaurus pertama yang dinamai di New South Wales (NSW), Australia, dalam hampir satu abad terakhir. Penamaan spesies baru ini menyusul adanya temuan fragmen tulang rahang dalam ember berisi puing opal di dekat wilayah Lightning Ridge.

Ahli yang terlibat dalam penelitian ini mengklaim W. pobeni adalah dinosaurus pemakan tumbuhan berkaki dua seukuran anjing kelpie yang pertama menjelajahi dataran banjir kuno di utara negara bagian itu, 100 juta tahun lalu.

Nama itu diberikan untuk mengenang tambang opal Wee Warra, tempat fosil ditemukan, dan pembeli opal yakni Mike Poben. Poben disebut melihat sesuatu yang istimewa pada opalnya, sehingga segara disumbangkan ke badan terkait untuk diteliti.

"Saya langsung tertarik," kata Poben.

"Saat saya melihatnya, saya langsung berpikir kalau itu gigi atau bagian dari tulang rahang yang belum pernah saya lihat sebelumnya. Saya yakin ini sesuatu yang langka dan istimewa," sambung dia antusias.

Baca juga: Jejak Dinosaurus Terkecil Ditemukan, Kakinya Cuma 1 Sentimeter

Poben menemukan fosil itu lima tahun lalu dan membaginya dengan paleontolog Dr Phil Bell dari Universitas New England di Armidale, NSW.

"Saya ingat Mike (Poben) menunjukkan saya spesimen itu, dan saya terkejut," kata Dr Bell.

"Saya harus berusaha keras menahan kegembiraan saya, (opal) itu sangat indah."

Rahang Weewarrasauras pobeni, dinosaurus pemakan tumbuhan yang hidup di Australia 100 juta tahun lalu. Rahang Weewarrasauras pobeni, dinosaurus pemakan tumbuhan yang hidup di Australia 100 juta tahun lalu.

Dr Bell dan timnya menghabiskan dua tahun terakhir untuk menyelidiki dan mengidentifikasi rahang berusia 100 juta tahun itu.

"Ada fitur-fitur tertentu tentang gigi-gigi itu yang merupakan penanda jelas dari sekelompok dinosaurus yang kami sebut ornithopoda, dan ini semua adalah hewan yang berukuran relatif kecil, seukuran anjing, berkaki dua yang memakan tumbuhan."

Lightning Ridge adalah satu-satunya tempat di dunia di mana tulang dinosaurus secara rutin berubah menjadi opal.

Universitas New England kini mencari tambang yang diketahui menghasilkan fosil.

"Sayangnya, sisa-sisa fosil yang kami lihat hampir selalu merupakan bagian dari penambangan. Namun di sisi lain, kami tak akan pernah melihat fragmen-fragmen itu jika bukan untuk penambangan," kata Dr Bell.

Baca juga: Mirip Dinosaurus, Reptil 300 Juta Tahun Ini Rupanya Moyang Mamalia

Rahang Weewarrasaurus pobeni kini menjadi bagian dari koleksi Pusat Opal Australia, kumpulan fosil serupa batu opal paling beragam di dunia.

Minat Poben terhadap fosil tetap kuat dan ia terus mengumpulkan dan memeriksa fragmen opal.

Ia berencana untuk menyumbangkan koleksinya ke Opal Centre.

"Saya pikir mereka harus tetap berada di Australia, dan mereka perlu dipajang di Lightning Ridge. Di situlah asal mereka," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com