Kompas.com - 04/12/2018, 13:24 WIB

CARACAS, KOMPAS.com - Presiden Venezuela Nicolas Maduro pada Senin (3/12/2018) malam waktu setempat meninggalkan negaranya menuju ke Rusia.

Maduro mengaku akan bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin untuk menggelar rapat penting. Namun, dia tidak mengungkapkan rincian lebih

"Saya pergi ke Moskwa untuk rapat kerja dengan Presiden Vladimir Putin," katanya dalam pidato pengarahan di depan pesawat kepresidenan, seperti dilaporkan AFP.

Baca juga: Dituduh Dalangi Upaya Pembunuhan Maduro, Begini Tanggapan Presiden Kolombia

Melalui kicauan di Twitter, Maduro mengatakan pertemuan penting dengan Putin pada Selasa (4/12/2018) bakal membahas isu strategis termasuk relasi diplomatik kedua negara.

Sputnik News mewartakan, Maduro pernah mengunjungi Rusia pada tahun lalu. Pertemuannya dengan Putin kala itu membicarakan kerja sama bilateral.

Rusia mendukung kedaulatan Venezuela dan menyebut negara tersebut harus berkembang tanpa campur tangan eksternal.

Para pejabat dari kedua negara telah mengadakan pertemuan bilateral di berbagai tingkat untuk memperkuat hubungan.

Pertemuan dengan Putin akan membuat Maduro menutup tahun ini dengan perkembangan dalam hal hubungan strategis yang sedang dibangun dengan dunia.

Baca juga: Kepada IMF, Venezuela Laporkan Inflasi 860 Persen Pada 2017

Selama bertahun-tahun, Venezuela menderita krisis ekonomi akut dan inflasi yang melonjak akibat menyusutnya harga minyak.

Dalam krisis ekonomi dan sebagian besar terisolasi dari komunitas internasional, Maduro mencoba untuk menggalang dukungan dari sekutu-sekutunya.

Baru-baru ini, dia menyambut para pejabat senior dari Korea Utara dan Iran.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.