Kompas.com - 03/12/2018, 19:15 WIB

TAIPEI, KOMPAS.com - Militer China dilaporkan menggelar patroli di bagian barat Selat Taiwan buntut semakin meningkatnya aktivitas kapal perang Amerika Serikat di sana.

Pernyataan tersebut disampaikan Kementerian Pertahanan Taiwan merespon pemberitaan China Times, seperti dilansir SCMP Senin (3/12/2018).

Baca juga: Dua Kapal Perang AS Lintasi Selat Taiwan, China Waspada

Dalam ulasan China Times, patroli "tak teratur" kapal perang Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) di kawasan barat Selat Taiwan menjadi sangat sering sepanjang 2018 ini.

Dalam penjelasannya, Kemenhan Taiwan menuturkan telah aktif memantau situasi dengan mengerahkan kekuatan laut dan udara demi menjamin stabilitas nasional dan regional.

Sumber militer mengemukakan, selama ini China hanya berpatroli di dekat daratan utama mereka. Namun, pada beberapa tahun terakhir mereka mulai bergerak ke tengah.

Sebab, setiap kali kapal perang AS melintasi selat, China bakal mengerahkan armadanya untuk memantau pergerakan AS.

"Biasanya kami juga bakal mengirimkan militer untuk membayangi kapal perang dari daratan utama," beber sumber tersebut.

Beijing yang masih menganggap Taiwan sebagai wilayahnya menolak melakukan pertukaran resmi sejak Presiden Tsai Ing-wen menjabat di 2016.

Tsai menolak mengakui prinsip Satu China yang membuat Beijing memutuskan melakukan latihan militer di sekitar Selat Taiwan.

Sejak 7 Juli,Angkatan Laut AS telah mengirimkan tiga gelombang kapal perangnya dalam latihan "kemerdekaan navigasi" di Selat Taiwan dan Laut China Selatan.

Gelombang pertama meliputi dua kapal perusak. Kemudian gelombang kedua pada 22 Juli Washington mengerahkan kapal fregat dan perusak.

Terakhir pada Rabu pekan lalu (28/11/2018), AS mengirim kapal perusak berkekuatan rudal pemandu USS Stockdale dan kapal tanker USNS Pecos.

Gelombang terakhir membuat China angkat bicara dengan menyatakan mereka meningkatkan kewaspadaan dan menegaskan bakal melindungi kedaulatan negara.

Baca juga: Kapal Perang China Tempel 2 Kapal Perang AS di Selat Taiwan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.