Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buntut Masuknya Kapal Perang AS, China Gelar Patroli di Selat Taiwan

Kompas.com - 03/12/2018, 19:15 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

TAIPEI, KOMPAS.com - Militer China dilaporkan menggelar patroli di bagian barat Selat Taiwan buntut semakin meningkatnya aktivitas kapal perang Amerika Serikat di sana.

Pernyataan tersebut disampaikan Kementerian Pertahanan Taiwan merespon pemberitaan China Times, seperti dilansir SCMP Senin (3/12/2018).

Baca juga: Dua Kapal Perang AS Lintasi Selat Taiwan, China Waspada

Dalam ulasan China Times, patroli "tak teratur" kapal perang Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) di kawasan barat Selat Taiwan menjadi sangat sering sepanjang 2018 ini.

Dalam penjelasannya, Kemenhan Taiwan menuturkan telah aktif memantau situasi dengan mengerahkan kekuatan laut dan udara demi menjamin stabilitas nasional dan regional.

Sumber militer mengemukakan, selama ini China hanya berpatroli di dekat daratan utama mereka. Namun, pada beberapa tahun terakhir mereka mulai bergerak ke tengah.

Sebab, setiap kali kapal perang AS melintasi selat, China bakal mengerahkan armadanya untuk memantau pergerakan AS.

"Biasanya kami juga bakal mengirimkan militer untuk membayangi kapal perang dari daratan utama," beber sumber tersebut.

Beijing yang masih menganggap Taiwan sebagai wilayahnya menolak melakukan pertukaran resmi sejak Presiden Tsai Ing-wen menjabat di 2016.

Tsai menolak mengakui prinsip Satu China yang membuat Beijing memutuskan melakukan latihan militer di sekitar Selat Taiwan.

Sejak 7 Juli,Angkatan Laut AS telah mengirimkan tiga gelombang kapal perangnya dalam latihan "kemerdekaan navigasi" di Selat Taiwan dan Laut China Selatan.

Gelombang pertama meliputi dua kapal perusak. Kemudian gelombang kedua pada 22 Juli Washington mengerahkan kapal fregat dan perusak.

Terakhir pada Rabu pekan lalu (28/11/2018), AS mengirim kapal perusak berkekuatan rudal pemandu USS Stockdale dan kapal tanker USNS Pecos.

Gelombang terakhir membuat China angkat bicara dengan menyatakan mereka meningkatkan kewaspadaan dan menegaskan bakal melindungi kedaulatan negara.

Baca juga: Kapal Perang China Tempel 2 Kapal Perang AS di Selat Taiwan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com