Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemimpin ISIS yang Penggal Warga AS Tewas dalam Serangan Udara

Kompas.com - 03/12/2018, 17:00 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

DAMASKUS, KOMPAS.com - Koalisi pimpinan Amerika Serikat (AS) di Suriah mengumumkan tewasnya seorang pemimpin Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

Abu al-Umarayn tewas setelah koalisi AS melancarkan serangan udara Minggu (2/12/2018) pukul 20.00 waktu setempat di kawasan Gurun Badiyah.

"Dia sudah terbunuh. Informasi yang berkaitan dengannya bakal dibeberkan setelah penilaian keseluruhan," kata juru bicara koalisi Kolonel Sean Ryan.

Baca juga: Jenderal Inggris: Rusia Jauh Lebih Mengancam daripada ISIS

Diwartakan AFP Senin (3/12/2018), al-Umarayn dituduh sebagai pelaku pembunuhan terhadap warga AS dan tawanan dari negara Barat lain.

Umarayn dituduh terlibat dalam pemenggalan Peter Kassig, mantan tentara AS yang saat itu menjadi pekerja kemanusiaan pada November 2014.

Kassig diculik pada Oktober 2013 saat mengirimkan makanan dan bantuan medis bagi para pengungsi di kawasan timur Suriah.

Daily Mirror memberitakan, dia ditahan bersama jurnalis Inggris John Cantlie serta wartawan Perancis Nicolas Henin.

Keberadaan Cantlie hingga saat ini masih belum diketahui keberadaannya. Sementara Henin dibebaskan 10 bulan pasca-penculikannya.

Dalam tayangan video pada saat itu, anggota ISIS lain bernama Jihadi John berdiri di samping kepala Kassig yang sudah dipenggal.

"Selain terlibat dalam pembunuhan Peter Kassig, al-Umarayn juga dianggap sebagai ancaman bagi Pasukan Koalisi," kata Ryan.

Dia menambahkan, sebagai anggota senior ISIS, al-Umarayn juga dituduh terlibat secara langsung dalam pembunuhan tahanan yang lain.

"Koalisi terus melaksanakan serangan udara untuk menghancurkan komando ISIS dan mengendalikan medan perang dengan menghancurkan para petinggi mereka," ujar Ryan.

Ini adalah kali pertama sejak koalisi pimpinan AS yang terjun memberantas ISIS pada 2014 mengumumkan pelaku pemenggalan Kassig.

Namun, klaim tersebut dibantah media lokal Suriah SANA yang memberitakan serangan udara itu malah menargetkan pasukan pemerintah Suriah.

Dalam laporan SANA, koalisi menembakkan rudal ke posisi pasukan Suriah dan menyebabkan kerugian material tanpa dilaporkan adanya korban tewas maupun luka.

Observasi Suriah untuk HAM menyatakan lebih dari 14 rudal menghantam konvoi pasukan Damaskus yang saat itu melintasi gurun.

"Konvoi itu tersesat di tengah gurun sekitar 35 kilometer dari Pangkalan Al-Tarif," ujar Direktur Observasi Rami Abdel Rahman.

Laporan tersebut langsung dibantah Ryan. Dia menegaskan AS telah melakukan serangan terukur untuk menghantam ISIS.

Baca juga: Pasukan Rezim Suriah Berhasil Usir ISIS dari Wilayah Selatan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com