Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komandan Angkatan Laut AS di Timur Tengah Ditemukan Tewas di Bahrain

Kompas.com - 03/12/2018, 16:00 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

AL-MANAMAH, KOMPAS.com - Seorang komandan Armada Kelima Amerika Serikat (AS) yang beroperasi di Timur Tengah dilaporkan tewas di Bahrain.

Diwartakan Sky News Minggu (2/12/2018), otoritas setempat mengatakan Laksamana Madya Scott Stearney ditemukan tewas di kediamannya.

Baca juga: Dua Kapal Angkatan Laut AS Berlayar di Selat Taiwan

Kepala Operasi Angkatan Laut Laksamana John Richardson dalam keterangan resmi mengaku sangat terpukul dengan kabar tewasnya perwira tinggi asal Chicago tersebut.

Richardson menyatakan Dinas Investigasi Kriminal AL dan Kementerian Dalam Negeri Bahrain bekerja sama menyelidiki kematian Stearney.

"Dia adalah ksatria laut berprestasi. Ini adalah kabar menyakitkan tidak saja bagi keluarga Stearney. Namun juga bagi Armada Kelima dan AL AS keseluruhan," tutur Richardson.

Richardson tidak memberi tahu penyebab tewasnya Stearney. Namun dikutip The Guardian, dia berujar belum ditemukan adanya dugaan pembunuhan.

Posisi Stearney bakal digantikan Wakil Komandan Laksamana Muda Paul Schlise untuk armada yang membawahi Teluk Arab, Teluk Oman, Teluk Aden, Laut Merah, hingga Laut Arab itu.

Stearney bergabung dengan AL setelah lulus dari Jurusan Ekonomi Universitas Notre Dame pada 1982, dan memperoleh gelar master dari National Defense University.

Dua tahun bergabung dengan AL, perwira tinggi berusia 58 tahun itu menjadi pilot dengan pengalaman menerbangkan jet tempur FA-18 Hornet.

Di Afghanistan, dia menjabat sebagai Kepala Staf Satuan Tugas 435 sebelum berubah menjadi Satgas Gabungan Antar-agensi 435.

Dia menjabat sebagai Komandan Pusat Angkatan Laut, posisi yang membawahi Armada Kelima dan Pasukan Maritim Gabungan, pada Mei lalu.

Stearney juga pernah menjabat sebagai instruktur sekaligus perwira siaga di Sekolah Senjata Tempur AL, dan Direktur Operasi Komando Sentral AS.

Baca juga: Jet Tempur Rusia Cegat Pesawat AL AS dalam Manuver Berbahaya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com