Kompas.com - 03/12/2018, 15:21 WIB

KABUL, KOMPAS.com - Seorang komandan senior Taliban terbunuh ketika drone tempur Amerika Serikat (AS) menyerang kawasan selatan Afghanistan.

Diberitakan Sky News Minggu (2/12/2018), Mullah Abdul Manan tewas saat bertemu dengan komandan lokal dan anggota lainnya di distrik Nawzad, Provinsi Helmand.

Baca juga: Taliban Serang Perusahaan Keamanan Inggris di Kabul, 10 Orang Tewas

Gubernur Helmand Mohammad Yasin Khan berkata, Manan tidak hanya menjadi panglima Helmand, namun juga "gubernur bayangan" bagi provinsi yang dikenal penyedia opium Afghanistan itu.

Selain membunuh Manan, Khan menjelaskan serangan udara yang terjadi Sabtu (1/12/2018) itu juga menewaskan 32 orang lainnya.

Kematian Manan dikonfirmasi juru bicara Taliban Zabiullah Mujahib yang menyatakan Taliban telah mengalami kehilangan besar.

"Namun, tewasnya Manan tidak akan menghalangi kami dalam mengambil alih kembali Afghanistan," kata Mujahib dikutip BBC.

Namun, juru bicara Kementerian Dalam Negeri Afghanistan Najib Danish kepada AFP mengatakan tewasnya Manan membuat Taliban sangat terpukul.

"Tewasnya Manan tentu bakal menghancurkan moral anggota Taliban yang bermarkas di kawasan selatan Afghanistan," papar Danish.

Sebabnya, Helmand dulunya merupakan markas pasukan Inggris selama delapan tahun sebelum mereka memutuskan menarik diri pada 2014.

Sejak misi internasional menarik pasukannya, sebagian besar wilayah provinsi tersebut berada dalam kekuasaan Taliban.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.