Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/12/2018, 12:14 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

WASHINGTON, KOMPAS.com — Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengatakan bakal mengirim pesawat kepresidenan AS, Air Force One, untuk menerbangkan peti jenazah mantan presiden George HW Bush dari Texas menuju Washington.

Trump menyampaikan, usai mengantarkan dirinya bersama rombongan pulang dari KTT G20 di Argentina, pesawat kepresidenan akan langsung disiapkan untuk terbang ke kota Houston.

Ditambahkan Trump, pengerahan Air Force One tersebut sebagai bagian dari penghargaan yang diberikan negara kepada mantan Presiden Bush.

"Setelah membawa saya dan rombongan kembali ke Washington, Air Force One akan langsung diatur ulang dan diterbangkan ke Houston untuk menjemput peti jenazah Presiden Bush," kata Trump, Sabtu (1/12/2018).

"Ini sebagai bagian dari penghargaan khusus yang layak diberikan (kepada Presiden Bush)," tambahnya, seperti dilansir dari AFP.

Baca juga: Gedung Putih: 5 Desember, Hari Berkabung Nasional untuk Hormati George HW Bush

Mantan Presiden George HW Bush meninggal pada Jumat (30/11/2018) di usia 94 tahun. Mendiang akan mendapat upacara pemakaman kenegaraan di Katedral Nasional, Washington.

Presiden Trump bersama Ibu Negara Melania dijadwalkan hadir dalam upacara sebagai penghormatan terakhir kepada mendiang tersebut.

Jenazah Bush akan disemayamkan di Rotunda Capitol AS di Washington selama dua hari mulai Senin (3/12/2018) malam untuk memberi kesempatan kepada warga yang ingin memberikan penghormatan terakhir kepada almarhum.

Rangkaian upacara penghormatan dijadwalkan akan dimulai pada Senin (3/12/2018) pukul 17.00 waktu setempat dengan pengawalan militer yang akan mengiringi peti jenazah saat dibawa masuk ke Capitol.

Masyarakat umum akan diizinkan untuk memberikan penghormatan terakhir kepada Presiden Bush mulai Senin pukul 17.30 hingga Rabu pukul 07.00 pagi waktu setempat.

Rincian upacara penghormatan akan disampaikan kemudian.

Puluhan pemimpin dunia dan pejabat AS diperkirakan akan hadir saat upacara penghormatan di Katedral Nasional di Washington.

Baca juga: Kawan dan Lawan Politik Beri Penghormatan kepada George HW Bush

Ini akan menjadi pemakaman kenegaraan yang keempat kalinya digelar untuk presiden AS, setelah sebelumnya juga digelar untuk presdiden Dwight Eisenhower, Gerald Ford, dan Ronald Reagan.

Setelah serangkaian upacara pemakaman kenegaraan yang digelar di Katedral Nasional, peti jenazah selanjutnya akan kembali diterbangkan ke Texas untuk kemudian dibawa ke College Station untuk dimakamkan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com