Kompas.com - 02/12/2018, 09:37 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com - Presiden AS Donald Trump mengumumkan satu hari berkabung nasional untuk menghormati mendiang mantan Presiden George HW Bush yang meninggal Jumat (30/11/2018).

Disampaikan pihak Gedung Putih dalam pernyataannya, Sabtu (1/12/2018), Presiden Trump telah menunjuk hari Rabu, 5 Desember 2018, mendatang sebagai hari berkabung nasional.

Selain itu, Trump bersama ibu negara, Melania, juga dijadwalkan bakal menghadiri pemakaman mantan presiden ke-41 AS tersebut di Washington.

Meski kerap dikabarkan berseberangan dengan keluarga Bush, namun Trump tetap memberikan penghormatan yang mendalam kepada mantan presiden tersebut atas jasa-jasa sebagai veteran Perang Dunia II dan juga sebagai pelayan publik.

Baca juga: Mantan Presiden AS George HW Bush Meninggal di Usia 94 Tahun

Trump, yang menerima kabar duka saat berada di Buenos Aires untuk menghadiri KTT G20, dikatakan telah berbicara dengan dua putra George Bush Senior, yakni mantan presiden George W Bush dan mantan gubernur Florida Jeb Bush, melalui telepon dan menyampaikan duka cita.

Trump juga sengaja membatalkan acara konferensi pers yang dijadwalkan Sabtu (1/12/2018) sore untuk menghormati keluarga mendiang dan ditunda hingga acara pemakaman George Bush.

"Presiden George HW Bush menjalani kehidupan yang panjang, penuh kesuksesan, dan indah. Setiap kali bersamanya, saya melihat keceriaan dalam hidup dan kebanggaan atas keluarganya."

"Prestasinya sangat baik dari awal hingga akhir. Dia benar-benar pria yang luar biasa dan akan dirindukan oleh banyak orang," tulis Trump melalui akun Twitter-nya, Sabtu (1/12/2018).

Trump dan Melania dijadwalkan akan menghadiri upacara pemakaman George HW Bush yang akan diselenggarakan di Katedral Nasional Washington. Namun untuk waktu upacara pemakaman belum diumumkan.

"Upacara pemakaman negara sedang dipersiapkan dengan seluruh dukungan dan penghormatan," kata sekretaris pers Gedung Putih, Sarah Sanders, dilansir The Washington Post.

Gedung Putih juga telah mengumumkan pernyataan kepresidenan yang memerintahkan pengibaran bendera setengah tiang di Gedung Putih dan seluruh gedung pemerintahan, pos militer, kedutaan besar, dan kantor konsulat AS di seluruh dunia selama 30 hari ke depan.

Baca juga: Kawan dan Lawan Politik Beri Penghormatan kepada George HW Bush

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.