Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kawan dan Lawan Politik Beri Penghormatan kepada George HW Bush

Kompas.com - 01/12/2018, 19:22 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber CNN,AFP

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Kabar meninggalnya mantan Presiden Amerika Serikat (AS) George HW Bush mendapat reaksi dari berbagai penjuru dunia.

Para pemimpin dunia, baik yang masih menjabat maupun yang telah lengser, memberikan penghormatan kepada mendiang presiden yang juga dikenal sebagai George Bush Senior itu.

Baca juga: Mantan Presiden AS George HW Bush Meninggal di Usia 94 Tahun

Diwartakan AFP dan CNN Sabtu (1/12/2018), berikut sepenggal penghormatan yang diberikan kepada mantan presiden yang wafat di usia 94 tahun tersebut:

1. Mantan Presiden AS Bill Clinton
Clinton adalah presiden ke-42 AS yang menjabat pada periode 1993 hingga 2001, dan merupakan lawan yang menjungkalkan Bush Senior di pemilihan presiden 1992.

"Saya sangat bersyukur atas setiap menit yang saya habiskan bersama Presiden Bush. Pertemanan kami adalah hadiah terbaik yang pernah saya terima," ujar Clinton.

Ketika masih menjadi Gubernur Arkansas, Clinton menyatakan pernah diundang oleh Bush di kediaman pribadi di Kennebunkport.

Saat itu, mantan presiden yang kini berusia 72 tahun itu mengaku sangat tersentuh dengan perhatian yang diberikan Bush kepada putrinya, Chelsea.

"Dia tidak berhenti bekerja. Saya menyaksikannya sendiri. Kepemimpinan serta jiwa besarnya selamanya bakal terpatri di hati kami," tuturnya.

Baca juga: Trump dan Obama Beri Ucapan Duka Cita atas Wafatnya George Bush Senior

2. Mantan Pemimpin Uni Soviet Mikhail Gorbachev
Gorbachev merupakan pemimpin terakhir Soviet sebelum dibubarkan pada Desember 1991. Dia dan Bush bekerja bersama untuk mengakhiri era Perang Dingin.

Kepada kantor berita Interfax, Gorbachev memberikan belasungkawa kepada keluarga yang ditinggalkan, dan memuji Bush sebagai rekan sejati.

"Saya punya banyak ingatan bersama beliau. Kami bekerja di tengah berbagai perubahan yang menuntut tanggung jawab dari semua orang," ujarnya.

Gorbachev mengatakan, hasil dari kerja sama itu adalah berakhirnya baik Perang Dingin maupun perlombaan senjata nuklir.

Baca juga: George HW Bush: Dari Pilot Perang Dunia II hingga Jadi Presiden AS

3. Tricia Nixon Cox dan Julie Nixon Eisenhower
Keduanya merupakan anak dari mendiang presiden ke-37 AS Richard Nixon yang berkuasa pada 20 Januari 1969 hingga 9 Agustus 1974.

Nixon merupakan sekutu terdekat Bush. Diawali dari sikapnya untuk mendukung Bush Senior untuk mencalonkan diri sebagai senator pada 1970.

Kemudian Nixon memberikan Bush jabatan sebagai Duta Besar AS untuk PBB dan Ketua Komite Nasional Partai Republik, dan menjadi pendukung Bush saat dia menjadi presiden.

Halaman:
Sumber CNN,AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com