Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilot Beri Kejutan Mengharukan untuk Gurunya yang Jadi Penumpang

Kompas.com - 01/12/2018, 17:53 WIB
Retia Kartika Dewi,
Bayu Galih

Tim Redaksi

TURKI, KOMPAS.com - Seorang pilot Turkish Airlines, Mithat Okhan Onan, menghadirkan keharuan dalam pesawat yang dibawanya, saat dia memberi kejutan kepada guru yang juga ayahnya, Selahattin Onan, yang berada dalam penerbangan.

Selahattin Onan merupakan instruktur pilot yang menginspirasi anaknya hingga menjalani profesinya sekarang.

Kejutan itu terekam dalam sebuah video yang kemudian viral di media sosial. Video diunggah oleh Turkish Airlines melalui akun resmi mereka di YouTube pada Sabtu (24/11/2018) dan telah ditonton sebanyak 117.377 kali.

Dalam video berdurasi 2 menit 20 detik ini terlihat upaya Mithat dan teman-temannya menyampaikan rasa terima-kasihnya kepada sang guru, Selahattin Onan, dalam rangka Hari Guru yang diperingati tiap tanggal 24 November.

Sebelumnya, Mithat bersama rekan-rekan Turkish Airlines telah mengetahui bahwa guru mereka ikut dalam penerbangan. Mithat pun merencanakan untuk memberi kejutan.

Sosok Salehattin Onan

Melalui kokpit, Mithat menyampaikan beberapa pesan mewakili rekan-rekannya kepada Selahattin Onan.

Mithat bercerita, dirinya berkeinginan menjadi pilot setelah dalam sebuah penerbangan dia menanyakan banyak hal tentang kerja pilot. Sebagai respons, Selahattin pun "menantang" Mikhat untuk menjadi pilot.

"Saya menanyakan banyak sekali pertanyaan kepadanya. Ia berujar, 'kalau kamu penasaran, kenapa tidak mencoba jadi pilot saja?'," ujar Mithat melalui alat pengeras suara di kokpit.

Menurut Mithat, Selahattin Onan merupakan sosok guru yang sangat menyayangi murid-muridnya seperti anaknya sendiri.

"Kepada semua penumpang, hari ini adalah hari yang sangat penting. Selama enam tahun menjadi pilot, dan menjadi bagian dari Turkish Airlines berkat upaya guru saya Selahattin Onan, seorang guru senoir yang bersama-sama dengan kita hari ini," ujar Mithat.

Salehattin dulunya merupakan seorang pilot kapten selama 20 tahun dan juga menjadi pengajar selama 10 tahun. Dia telah mendidik ribuan pilot seperti Mithat, yang diperlakukanseperti anak-anaknya sendiri.

"Sangat membahagiakan memiliki guru yang kamu anggap seperti ayah sendiri," ujar Mithat.

"Dengan ini, saya mewakili semua muridnya, ingin memberikan penghargaan tak terhingga kepada beliau. Saya pribadi merasa sangat bersyukur karena beliau menjadi guru saya, dan saya lebih bersyukur lagi karena beliau adalah ayah saya," ujar Mithat.

Mendengar anaknya mengungkapkan rasa terima kasih, sontak Salehattin berlinang air mata.

Ucapan terima kasih

Kemudian, dari belakang kabin beberapa awak kabin dan kru pesawat menyerahkan buket bunga kepada Salehattin Onan.

"Guru, atas nama kapten Turkish Airlines, saya mengucapkan selamat hari guru. Terima kasih atas semua upaya yang Anda lakukan, kami sangat menyayangimmu," ujar salah satu rekan Mithat.

Pemberian buket bunga ini juga diramaikan dengan tepuk tangan dari para penumpang. Bahkan, ada salah satu penumpang yang terharu menyaksikan kejutan ini.

Setelah itu, rekan-rekan Mithat bersalaman dengan Salehattin Onan dan tak lama Mithat datang menghampiri ayahnya dan menciumnya di pipi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com